Karakteristik Pasien Sepsis Dewasa yang Dirawat di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020 - 2021

Elvia, Fataya (2023) Karakteristik Pasien Sepsis Dewasa yang Dirawat di Bagian Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2020 - 2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 6 Penutup)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripis Full Text Elvia Fataya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sepsis adalah suatu kondisi disfungsi organ yang dapat mengancam jiwa akibat adanya disregulasi respons tubuh terhadap suatu infeksi. Syok sepsis merupakan komplikasi paling berbahaya dari sepsis yang ditandai dengan adanya abnormalitas pada sistem sirkulasi dan metabolisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pasien sepsis dewasa yang dirawat di bagian ilmu penyakit dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif retrospektif. Data dikumpulkan dan diolah menggunakan teknik total sampling. Sampel pada penelitian ini menggunakan data sekunder berupa pasien sepsis yang dirawat di bagian ilmu penyakit dalam RSUP Dr. M. Djamil Padang periode 2020 – 2021. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria didapatkan sebanyak 145 sampel. Hasil analisis data disajikan dalam bentuk tabel dan gambar distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien sepsis yang paling banyak dengan luaran meninggal tertinggi ialah berusia dewasa lanjut (51.7%), berjenis kelamin perempuan (57.2%), dan berstatus gizi normal (59.3%). Fokus infeksi berasal dari paru-paru (80%), penyakit komorbid tersering berupa chronic kidney disease (26.4%), mikroorganisme penyebab tersering berupa Escherichia coli (15.9%), derajat keparahan berupa syok sepsis (60%), dan menggunakan antibiotik empiris inisial cefepime (44.8%). Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini ialah pasien sepsis yang paling banyak dengan luaran meninggal tertinggi adalah pasien berusia dewasa lanjut dan berjenis kelamin perempuan, dengan fokus infeksi berasal dari paru-paru, derajat keparahan berupa syok sepsis, dan antibiotik empiris inisial berupa cefepime.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: dr. Fadrian, Sp.PD-KPTI, FINASIM
Uncontrolled Keywords: Sepsis, Ilmu Penyakit Dalam
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter
Depositing User: S1 Pendidikan Kedokteran
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:40
Last Modified: 17 Apr 2023 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/202546

Actions (login required)

View Item View Item