ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN.F DENGAN PEMBERIAN TERAPI UAP EUCALYPTUS OIL PADA ANAK DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Rosyi, Aulia (2023) ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN.F DENGAN PEMBERIAN TERAPI UAP EUCALYPTUS OIL PADA ANAK DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (KIA Full Text)
Karya Ilmiah Akhir (KIA)_Rosyi Aulia_2141312111.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN.F DENGAN PEMBERIAN TERAPI UAP EUCALYPTUS OIL PADA ANAK DENGAN INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) DI KECAMATAN PAUH KOTA PADANG ABSTRAK Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan infeksi pada saluran pernapasan bagian atas dan bawah mulai dari hidung hingga gelembung paru (alveoli) beserta organ disekitarnya meliputi sinus dan selaput paru. Penyakit ISPA lebih sering terjadi pada anak-anak karena sistem imunitas anak lebih rendah dari pada orang dewasa, dengan tanda dan gejala yang biasa ditemui pada anak yaitu demam, hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan dan nyeri. Masalah utama yang sering ditemukan pada anak dengan ISPA yaitu bersihan jalan napas tidak efektif. Salah satu terapi non farmakologis untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan pemberian terapi inhalasi uap eucalyptus oil pada anak. Tujuan dari karya ilmiah akhir ini adalah untuk memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan ISPA dan menerapkan Evidence Based Nursing pemberian terapi uap eucalyptus oil terhadap masalah bersihan jalan napas pada anak. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan memberikan asuhan keperawatan mulai dari pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Diagnosa yang ditegakkan yaitu bersihan jalan napas tidak efektif, hipertermia dan kesiapan peningkatan manajemen kesehatan. Implementasi dalam menerapkan Evidence Based Nursing dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Hasil akhir dari asuhan keperawatan bahwa masalah keperawatan dapat teratasi semua dan penerapan Evidence Based Nursing yaitu pemberian terapi uap eucalyptus oil efektif dilakukan karena dapat mengatasi masalah bersihan jalan napas pada anak dengan ISPA. Sehingga terapi uap eucalyptus oil dapat digunakan sebagai intervensi non farmakologis dalam memberikan asuhan keperawatan untuk mengatasi bersihan jalan napas pada anak dengan ISPA. Kata kunci : Terapi Uap Eucalyptus Oil, ISPA, Bersihan Jalan Napas Tidak Efektif. Daftar Pustaka : 78 (2015-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Mar 2023 07:14
Last Modified: 21 Mar 2023 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201989

Actions (login required)

View Item View Item