GAYA KEPEMIMPINAN WALI NAGARI PEREMPUAN DI NAGARI KOTO RAWANG KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN PERIODE TAHUN 2012-2018

Cindila, Kris Marta (2023) GAYA KEPEMIMPINAN WALI NAGARI PEREMPUAN DI NAGARI KOTO RAWANG KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN PERIODE TAHUN 2012-2018. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab I (Pendahuluan))
BAB I ( Pendahuluan ).pdf - Published Version

Download (456kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup/Kesimpulan))
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam catatan wacana pemimpin perempuan telah memancing polemik dan debat antara yang pro maupun kontra terhadap pemimpin perempuan dalam sebuah negara. Sejarah menunjukkan bahwa banyak sekali pemimpin perempuan yang sukses dalam memimpin sebuah bangsa. Ini merupakan sebuah fenomena yang tidak dapat disangkal lagi, bahwa perempuan sekarang ini telah tampil menduduki berbagai jabatan penting dalam masyarakat. Terlepas dari pandangan negatif mengenai kepemimpinan perempuan, kepemimpinan Wali Nagari perempuan sendiri memberikan nuansa yang berbeda dalam penyelenggaraan pemerintahan Nagari. Keberadaan Nova Rita sebagai Wali Nagari di Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan membawa pengaruh positif dalam proses pembangunan di Nagari Koto Rawang. Penelitian ini memiliki tujuan mengidentifikasi dan menjelaskan gaya kepemimpinan Nova Rita sebagai Wali Nagari yang berstatus perempuan di Nagari Koto Rawang Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan periode tahun 2012-2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori gaya kepemimpinan dari Sondang P. Siagian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan Nova Rita sebagai Wali Nagari Koto Rawang Tahun 2012-2018 adalah maternalistik, gaya kepemimpinan maternalistik ini menjelaskan bahwa Nova Rita sebagai Wali Nagari menunjukkan perilaku keibuan pada saat menjalankan aktivitas kepemimpinan dari empat aspek yang jadi pedoman penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Aidinil Zetra, MA
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Nagari, Perempuan
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:29
Last Modified: 13 Mar 2023 06:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201774

Actions (login required)

View Item View Item