PREDIKSI ALIRAN PERMUKAAN PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DENGAN METODE SCS (SOIL CONSERVATION SERVICE) DI DAS BUNGUS KOTA PADANG

Aulivia, Nada Utari (2023) PREDIKSI ALIRAN PERMUKAAN PADA BEBERAPA PENGGUNAAN LAHAN DENGAN METODE SCS (SOIL CONSERVATION SERVICE) DI DAS BUNGUS KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text (Bab Akhir)
BAB Akhir (Penutup dan Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan lahan yang kurang bijaksana oleh masyarakat yang bermukim pada wilayah DAS Bungus menimbulkan berbagai macam gangguan ekosistem antara lain terganggunya tata air DAS Bungus yang mengakibatkan banjir. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi volume aliran permukaan pada beberapa penggunaan lahan di DAS Bungus Kota Padang dengan menggunakan metode Soil Conservation Service (SCS).Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei dengan purposive sampling berdasarkan secara acak pada masing-masing penggunaan lahan pada jenis tanah dan pada kelerengan yang sama (8-15%). Sifat fisika tanah di analisis di Laboratorium Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas, Padang. Parameter yang di analisis terdiri dari tekstur tanah, c-organik, permeabilitas tanah, total ruang pori, dan berat volume. Hasil penelitian menunjukkan volume aliran permukaan tertinggi terdapat pada penggunaan lahan sawah sebesar 199,90 mm. Sedangkan volume aliran permukaan terendah terdapat pada penggunaan lahan hutan sebesar 81,187 mm. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka disarankan untuk dilakukan upaya konservasi dan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar tentang pentingnya dampak dari tingginya volume aliran permukaan pada DAS Bungus Kota Padang. Menerapkan program pelestarian hutan guna meredam debit sungai terutama pada saat hujan, mempermudah penyerapan air ke dalam tanah dan juga mengurangi tingkat erosi. Melakukan penanaman tanaman yang mampu melindungi permukaan tanah dari curah hujan yang tinggi di sekitar DAS Bungus sehingga dapat membantu air hujan terserap ke dalam tanah dan mengalir secara perlahan ke sungai. Kata kunci: Aliran permukaan, DAS Bungus, Penggunaan Lahan, Soil Conservation Service.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aprisal, MP
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:21
Last Modified: 13 Mar 2023 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201736

Actions (login required)

View Item View Item