Agenda Setting dalam Penataan Ruang di Kota Padang (Studi Kebijakan Perda No. 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2030)

BILLY, FEBRIMA HIDAYAT (2023) Agenda Setting dalam Penataan Ruang di Kota Padang (Studi Kebijakan Perda No. 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2030). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover & Abstrak)
1. COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (282kB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
3. BAB VI Kesimpulan & Saran.pdf - Published Version

Download (451kB)
[img] Text (Pendahuluan)
2. BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (492kB)
[img] Text (tesis fulltext)
ACC_Billy_Agenda Setting dalam Kebijakan Penataan Ruang di Kota Padang-pasca rev1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tahapan penyusunan agenda kebijakan menjadi suatu keharusan yang mesti dilakukan agar kebijakan menjadi lebih berkualitas. Oleh karena itu penyusunan agenda kebijakan didalam keseluruhan pembangunan ruang wilayah dapat menyeimbangan kepentingan yang ada dilokal masuk kedalam tujuan nasional. Dalam penelitian ini, perspektif agenda setting dalam perumusan kebijakan tata ruang kota menjadi sangat krusial dalam mengembangkan kapasitas dan kualitas masalah menjadi kebijakan publik. Hal ini bertujuan supaya pemerintah mampu menerapkan interaksi dan interrelasi para aktor dalam proses perumusan kebijakan publik. Penelitian ini bermaksud menambahkan penjelasan tentang bagaimana agenda setting diterapkan dalam peninjauan kembali/revisi perda No. 4 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Padang Tahun 2010-2030. Satu kasus yang menarik untuk di elaborasi dalam penelitian ini adalah penyusunan masalah/issue pada salah satu organisasi perangkat daerah Kota Padang yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Padang memiliki kewenangan yang besar dalam upaya perumusan kebijakan penataan ruang. Dikarenakan proses perumusan kebijakan melalui proses teknokratik, politik dan deliberatif seperti rumusan issu/masalah yang berkembang diwilayah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pola interaksi dan interrelasi antar aktor resmi (inside of government) dan aktor tidak resmi (outside of government) pada agenda setting dalam kebijakan penataan ruang Kota padang tahun 2010-2030. Penelitian ini menggunakan konsep/teori Tahapan Agenda Setting menurut Anderson dan konsep Agenda Setting menurut Nikolaos Zahariadis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan studikasus dengan jenis instrumental. Jenis ini merupakan penelitian yang dilakukan atas dasar meneliti kasus tertentu agar tersaji sebuah perspektif isu atau perbaikan teori. Dalam hal ini peneliti melihat bagaimana bentu perumusan kebijakan penataan ruang dalam perspektif agenda seting di Kota Padang. Kata Kunci: Agenda Setting, Perumusan Kebijakan Publik, Rencana Tata Ruang Wilayah

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Asrinaldi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Agenda Setting, Perumusan Kebijakan Publik, Rencana Tata Ruang Wilayah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > JL Political institutions (America except United States)
J Political Science > JS Local government Municipal government
Q Science > QE Geology
S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu politik
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:20
Last Modified: 11 Mar 2023 04:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201631

Actions (login required)

View Item View Item