DALAM MELAKUKAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH TADAH HUJAN MENJADI PERKEBUNAN SAWIT DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU

Raaina, Hanifa (2022) DALAM MELAKUKAN ALIH FUNGSI LAHAN SAWAH TADAH HUJAN MENJADI PERKEBUNAN SAWIT DI KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover abstrak)
COVER DAN ABSTRAK FIX.pdf - Published Version

Download (55kB)
[img] Text (bab i)
WATERMARK BAB I PENDAHULUAN RAAINAH.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (bab v)
WATERMARK BAB V KESIMPULAN DAN SARAN RAAINAH.pdf - Published Version

Download (17kB)
[img] Text (dapus)
WATERMARK DAFTAR PUSTAKA RAAINAH.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
WATERMARK SKRIPSI RAAINA HANIFA,S.P (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu perkembangan ekonomi pembangunan yang pesat terjadi di Kota Bengkulu mengakibatkan banyaknya lahan pertanian terkhusus tanaman padi sawah berubah menjadi perkebunan atau lainnya.Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor sosial ekonomi petani dalam melakukan alih fungsi lahan sawah tadah hujan menjadi perkebunan sawit di Kecamatan Muara Bangkahulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap obyek yang diteliti melalui data sampel responden dan informan kunci. Analisis penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asal usul petani dan keikutsertaan dalam kelompok tani termasuk faktor pendorong dari segi sosial karena asal usul petani yang merupakan pendatang dan penduduk asli mempengaruhi keputusan petani dalam melakukan alih fungsi lahan sawahnya menjadi kebun sawit, sedangkan mata pencaharian utama petani mempengaruhi dari segi ekonomi karena sebagian besar petani sumber penghasilan utamanya dari bertani dan berladang. Faktor pendorong dari aspek sosial ekonomi petani dan faktor penarik dari aspek sosial ekonomi petani berdasarkan fakta dilapangan bahwa asal usul petani, keikutsertaan kelompok tani, mata pencaharian utama petani, peluang usahatani sawit yang menguntungkan, luas lahan dan pengaruh dari kelompok tani.Disarankan agar aktivitas kelompok tani yang harus ditingkatkan lagi untuk dapat mempertahankan usahatani padi sawahnya melalui program pemerintah kartu tani yang dapat memberikan subsidi pupuk, pestisida dan benih padi agar semangat petani lebih baik lagi untuk menjaga dan mempertahankan usahatani padi sawahnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 10 Mar 2023 09:14
Last Modified: 10 Mar 2023 09:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201623

Actions (login required)

View Item View Item