ANALISIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PENGAWASAN PADA PROYEK BERDASARKAN LINGKUP PEKERJAAN, WAKTU, SERTA BIAYA (STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI MINYAK SERAI WANGI)

Jefry, Andre Dwi Putra (2023) ANALISIS PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PENGAWASAN PADA PROYEK BERDASARKAN LINGKUP PEKERJAAN, WAKTU, SERTA BIAYA (STUDI KASUS PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI MINYAK SERAI WANGI). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI Penutup.pdf - Published Version

Download (69kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pembangunan yang semakin pesat mengakibatkan perlu dilakukannya perencanaan dan pelaksanaan yang tepat. Perencanaan dan pelaksanaan pembangunan dilakukan dengan teori manajemen proyek. Manajemen proyek dilaksanakan melalui aplikasi dan integrasi. Tahapan proses manajeman proyek yaitu initiating, planning, executing, monitoring dan controlling, serta closing. Manajemen proyek selalu dibatasi oleh kendala-kendala yang sifatnya saling mempengaruhi, sifat-sifat itu biasa disebut sebagai segitiga project constraint yaitu lingkup pekerjaan (scope), waktu (time) dan biaya (cost). Salah satu kegiatan proyek yang dilaksanakan yaitu proyek pembangunan rumah produksi minyak serai wangi di Telaga Bonai, Jorong Siturah, Nagari III Koto Padang Lua, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Proyek pembangunan rumah produksi minyak serai ini dilakukan untuk menghidupkan kembali ikm penyulingan minyak serai wangi sebagai obat gosok tradisional yang mati setahun lalu akibat harga jual produk minyak serai yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan berdasarkan lingkup pekerjaan, biaya pekerjaan, dan waktu pekerjaan proyek pembangunan rumah produksi minyak serai wangi di Telaga Bonai. Penelitian ini dilakukan dengan perencanaan gambar menggunakan software sketchup, perencanaan WBS, CBS, dan OBS, rencana anggaran biaya (RAB) yang digunakan menggunakan metode perhitungan Standart Nasional Indonesia (SNI) yang diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 28/PRT/2016 tentang analisis harga satuan pekerjaan bidang pekerjaan umum, hubungan antar pekerjaan dan rencana penjadwalan dengan menggunakan metode Activity on Node (AON), pengawasan proyek yang digambarkan dengan prestasi kerja pekerjaan menggunakan bantuan tools kurva S. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pembangunan proyek rumah produksi minyak serai wangi berdasarkan gambar dan spesifikasi bangunan dilakukan sebanyak 63 paket pekerjaan. Pada saat pelaksanaan terdapat penambahan paket pekerjaan. Berdasarkan waktu perencanaan menghabiskan 30 hari kerja. Pada pelaksanaan yang diteliti selama 24 hari kerja atau selama 4 minggu, bobot pekerjaan yang terselesaikan terdapat perbedaan sebesar 32,1% dengan perencanaan yang dibuat. 54% prestasi pekerjaan pada pelaksanaan aktualisasi dan 86,1% bobot pekerjaan pada perencanaan. Pembangunan proyek rumah produksi minyak serai wangi berdasarkan RAB menghabiskan dana sebanyak Rp149.576.267,33, sedangkan biaya yang dikeluarkan selama 4 minggu menghabiskan dana sebesar Rp41.445.579 sehingga dana tersebut baru menghabiskan sebesar 27,69% dari anggaran yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Wisnel, M.Sc
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Industri
Depositing User: S1 Teknik Industri
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:42
Last Modified: 10 Mar 2023 07:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201547

Actions (login required)

View Item View Item