SISTEM PEMANTAUAN SLOT PARKIR MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK JSN-SR04T DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN DENGAN ESP32-CAM

Khairina, Auliya (2023) SISTEM PEMANTAUAN SLOT PARKIR MENGGUNAKAN SENSOR ULTRASONIK JSN-SR04T DAN PENGENALAN PLAT NOMOR KENDARAAN DENGAN ESP32-CAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (80kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab I - Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V - Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (33kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Khairina Auliya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Telah dihasilkan prototipe sistem pemantauan slot parkir menggunakan sensor ultrasonik JSN-SR04T dan pengenalan plat nomor kendaraan dengan ESP32-CAM. Sistem ini dibuat dengan tujuan agar dapat membantu mempermudahkan pengendara dalam memantau ketersediaan slot parkir dari jarak jauh dengan memanfaatkan Telegram Messenger yang terhubung dengan modul ESP32-CAM dan mikrokontroler Arduino Mega 2560. Sistem dilengkapi pengenalan karakter plat nomor kendaraan dengan menggunakan metode Optical Character Recognition (OCR). Prototipe yang dirancang pada penelitian ini memiliki portal masuk, portal keluar, dan 3 slot parkir. Apabila ada kendaraan yang akan masuk atau keluar kawasan parkir, sensor ultrasonik mendeteksi kendaraan. Selanjutnya kamera mendeteksi plat kendaraan dan akan mengenali karakter pada kendaraan. Data ini akan disimpan pada database dan kemudian motor servo membuka palang masuk atau keluar. Pengguna kendaraan dapat memantau ketersediaan slot parkir sebelum memarkirkan kendaraannya pada bot Telegram dengan cara mengirim perintah pada Telegram dan selanjutnya akan menerima notifikasi berupa informasi tentang ketersedian slot parkir. Hasil pengujian menunjukkan sensor ultrasonik dapat berfungsi dengan persentase kesalahan rata-rata didapat sebesar 0,49% menandakan bahwa hasil pengukuran sensor dapat diterima. Palang parkir dapat terbuka saat sensor ultrasonik mendeteksi adanya kendaraan di pintu masuk maupun pintu keluar. Program OCR dapat membaca karakter plat kendaraan dengan benar dan hasil jumlah karakter yang didapatkan sama dengan jumlah data masukan yang diujikan. Melalui webserver kamera modul ESP32-CAM, program OCR dapat mendeteksi plat kendaraan dengan hasil jarak terjauh 140 cm menggunakan resolusi video (400x296) dan menggunakan resolusi video (1600x1200) jarak terjauh yang didapatkan adalah 300 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meqorry Yusfi, M. Si.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: s1 fisika fisika
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:59
Last Modified: 10 Mar 2023 07:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201498

Actions (login required)

View Item View Item