PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PEREKAT TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus Murr) TERHADAP KUALITAS BIOBRIKET DARI POD KAKAO (Theobroma cacao L.)

Aritonang, Nadya Mutiara (2023) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PEREKAT TEPUNG BIJI DURIAN (Durio zibethinus Murr) TERHADAP KUALITAS BIOBRIKET DARI POD KAKAO (Theobroma cacao L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Bab V Penutup.pdf - Updated Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi full text nadya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari berbagai konsentrasi perekat tepung biji durian terhadap kualitias biobriket pod kakao yang dihasilkan. Pembuatan biobriket ini menggunakan bahan perekat tepung biji durian sebanyak 10% dari total berat biobriket. Variasi perekat yang digunakan adalah 2,5%; 5%; 7,5%; 10%; dan 12,5%. Pembuatan biobriket terdiri dari beberapa tahapan yaitu persiapan bahan baku, proses pengarangan, penggilingan arang, pembuatan perekat, pencampuran serbuk arang dan perekat, dan pencetakan biobriket yang berbentuk silinder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan konsentrasi pada pembuatan biobriket menunjukkan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air, nilai kalor, uji lama penyalaan, uji laju pembakaran, dan uji kuat tekan. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan E, dengan nilai kadar air 2,73%, kadar abu 14,67%, volatile matter 13,67%, kalor 4.444,52 kal/gram, lama penyalaan 140,67 menit, laju pembakaran 0,00205 gram/detik dan kuat tekan 2,91 N/cm2. Kata kunci: biomasa, biobriket, pod kakao, biji durian, perekat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:42
Last Modified: 10 Mar 2023 06:42
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201496

Actions (login required)

View Item View Item