PENGARUH PENAMBAHAN SARI KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricencis) TERHADAP WARNA PERMEN JELLY LABU SIAM (Sechium edule) (Jacq.) Swarz)

MUTIA, ERYAMANDA (2016) PENGARUH PENAMBAHAN SARI KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus costaricencis) TERHADAP WARNA PERMEN JELLY LABU SIAM (Sechium edule) (Jacq.) Swarz). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK OK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FIKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan sari kulit buah naga merah terhadap sifat fisik, kimia, dan tingkat penerimaan panelis terhadap permen jelly labu siam. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Analisis data menggunakan ANOVA dan uji lanjut dengan DNMRT pada taraf nyata 5%. Perlakuan pada penelitian ini adalah penambahan sari kulit buah naga merah A (6%), B (8%), C (10%), D (12%) dan E (14%). Pengamatan yang dilakukan pada penelitian ini pH, aw, kadar air, kadar abu, sukrosa, total gula pereduksi, total asam, aktivitas antioksidan, konsentrasi antosianin, konsentrasi betasianin, kekerasan, angka lempeng total dan organoleptik (warna, aroma, rasa, dan tekstur). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh berbeda nyata terhadap sukrosa, total gula reduksi, kekerasan, dan organoleptik (warna, aroma, rasa dan tekstur), tetapi menunjukkan pengaruh tidak berbeda nyata terhadap pH, aw, kadar air, kadar abu, total asam, aktivitas antioksidan, konsentrasi antosianin, konsentrasi betasianin, angka lempeng total. Perlakuan terbaik pada penelitian ini adalah perlakuan E dengan nilai pH 1,88, aw 2,60, kadar air 4,35%, kadar abu 0,06%, sukrosa 7,81%, total gula pereduksi 1,06%, total asam 1,09%, aktivitas antioksidan 19,3 mg/L, konsentrasi betasianin 10,9 mg/mL, konsentrasi antosianin 18,7 mg/L, kekerasan 14,2 N/cm², angka lempeng total 1,8 x 102 Cfu/ml dan penerimaan organoleptik dengan nilai warna (4,46), aroma (3,80), rasa (3,76), dan tekstur (3,90). Kata kunci – Kulit buah naga merah, labu siam, permen jelly

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 11 Jan 2017 07:56
Last Modified: 11 Jan 2017 07:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20148

Actions (login required)

View Item View Item