ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MENGENAI BERITA PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG (MA) TERHADAP VAKSIN HALAL COVID-19 DI MEDIA DETIK.COM DAN TEMPO.CO PERIODE APRIL 2022-MEI 2022

Vidia, Wahyuni Setiary (2023) ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIA ONLINE MENGENAI BERITA PUTUSAN MAHKAMAH AGUNG (MA) TERHADAP VAKSIN HALAL COVID-19 DI MEDIA DETIK.COM DAN TEMPO.CO PERIODE APRIL 2022-MEI 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER+ABSTRAK)
COVER + ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Upaya pemerintah Indonesia dalam memerangi wabah Covid-19 adalah dengan melakukan vaksinasi nasional. Vaksinasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh supaya terbentuk kekebalan dalam tubuh agar terhindar dari penyakit. Kehadiran vaksin di Indonesia menuai kontroversi, munculnya perdebatan di tengah-tengah publik. Banyak kelompok masyarakat yang menolak vaksin dengan berbagai alasan, salah satunya mengenai status halal dan haramnya vaksin Covid-19. Pro-kontra kehalalan vaksin kembali mencuat setelah adanya tuntutan uji materiil Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) terhadap Perpres atas pengadaan vaksin, tuntutan itu menghasilkan putusan Mahkamah Agung (MA) yang mewajibkan pemerintah untuk menggunakan vaksin Covid -19 yang telah teruji halal oleh MUI dan tidak boleh lagi menggunakan vaksin yang belum mendapatkan sertifikasi halal. Sumber data penelitian ini adalah berita mengenai putusan Mahkamah Agung terhadap vaksin halal Covid-19 yang dimuat di media online Detik.com dan Tempo.co. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Hasil dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bentuk pengkonstruksian realitas antara media online Detik.com dan Tempo.co terkait putusan Mahkamah Agung terhadap kehalalan vaksin Covid-19. Dengan menggunakan empat struktur pada analisis framing Pan dan M. Kosicki, mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan framing pemberitaan yang disajikan oleh Detik.com dan Tempo.co pada isu yang sama. Pada Detik.com lebih mendukung putusan Mahkamah Agung terhadap penggunaan vaksin halal, sebaliknya dengan Tempo.co yang cenderung pada kritikan negatif mengenai keluarnya putusan Mahkamah Agung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Elva Ronaning Roem, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:29
Last Modified: 10 Mar 2023 03:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201422

Actions (login required)

View Item View Item