PENGARUH BERBAGAI JENIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) PADA INSEPTISOL

Vadila, Ziqra (2023) PENGARUH BERBAGAI JENIS FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.) PADA INSEPTISOL. Diploma thesis, Unversitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kopi Arabika merupakan salah satu komoditi perkebunan yang banyak dibudidayakan serta diminati oleh masyarakat, karena cita rasa yang dihasilkan tinggi daripada jenis kopi yang lainnya. Kopi Arabika dapat tumbuh dengan baik pada dataran tinggi seperti Nagari Alahan Panjang Kabupaten Solok dengan ketinggian 1616 meter diatas permukaan laut, dimana jenis tanahnya yaitu Inseptisol yang memiliki kadar unsur hara yang rendah terutama unsur hara fosfor. Upaya yang dapat dilakukan dalam membantu penyerapan unsur hara yaitu menggunakan Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Fungi Mikoriza Arbuskular terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika, serta mendapatkan jenis Fungi Mikoriza Arbuskular terbaik dalam menunjang pertumbuhan bibit kopi Arabika. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini yaitu jenis Fungi Mikoriza Arbuskular, yang meliputi Glomus sp, Acaulospora sp, Sclerocystis sp dan multispora (Glomus sp, Acaulospora sp, Sclerocystis sp). Data dianalisis dengan uji F pada taraf nyata 5% dan apabila didapatkan hasil uji berbeda nyata, maka dilanjutkan dengan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai jenis FMA berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kopi Arabika pada parameter tinggi bibit, panjang akar, bobot kering tajuk serta bobot segar akar. Jenis FMA multispora memberikan pengaruh terbaik pada tinggi bibit dan bobot kering tajuk bibit kopi Arabika serta menghasilkan tingkat kolonisasi tertinggi terhadap perakaran bibit kopi Arabika yaitu dengan persentase 80%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MS
Uncontrolled Keywords: Kopi arabika, inseptisol, jenis, fungi mikoriza arbuskular
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Mar 2023 08:22
Last Modified: 10 Mar 2023 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201379

Actions (login required)

View Item View Item