PENERAPAN PEMBERATAN PIDANA BERKAITAN DENGAN PENGULANGAN TINDAK PIDANA (RECIDIVE) MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 677/Pid.Sus/2021/PN.Pdg dan Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 356/Pid.Sus/2020/PN.Pdg)

Sarah Monica Reno, Putri (2023) PENERAPAN PEMBERATAN PIDANA BERKAITAN DENGAN PENGULANGAN TINDAK PIDANA (RECIDIVE) MELALUI MEDIA ELEKTRONIK (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 677/Pid.Sus/2021/PN.Pdg dan Putusan Pengadilan Negeri Nomor: 356/Pid.Sus/2020/PN.Pdg). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (493kB)
[img] Text (Srkipsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi dan informasi telah banyak membawa perubahan bagi masyarakat, diantaranya dampak negatif menimbulkan kejahatan baru. Karena itulah perlunya pengaturan khusus untuk mengatur kejahatan baru yang belum ada pengaturannya. Seperti dalam kedua putusan terjadinya pengulangan tindak pidana (residiv) melalui media elektronik yang melanggar UU ITE. Adapun rumusan masalah yang diangkat yaitu; 1. Bagaimanakah penerapan hukum pemberatan pidana terhadap recidive dalam kedua kasus tersebut, 2. Bagaimanakah dasar pertimbangan hukum hakim dalam kedua putusan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan mengkaji menggunakan pendekatan kasus, pendekatan undang – undang, serta pendekatan perbandingan antara kedua kasus ini. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1. Ketentuan mengenai recidive ini tidak diterapkan di dalam kasus yang penulis teliti karena pidana yang dijatuhkan masih jauh dari teorinya, 2. Pertimbangan hakim secara non yuridis dalam salah satu kasus, hakim keliru karena tidak membuatkan dalam hal yang memberatkannya bahwa terdakwa adalah seorang residivis. Kata Kunci: Putusan Hakim, Recidive, dan UU ITE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:43
Last Modified: 10 Mar 2023 01:43
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201378

Actions (login required)

View Item View Item