PERAN PENUNTUT UMUM DALAM MENGUPAYAKAN DIVERSI TERHADAP ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM TINDAK PIDANA LAKA LANTAS (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Padang)

Annisa Oktavianah, Hidayah (2023) PERAN PENUNTUT UMUM DALAM MENGUPAYAKAN DIVERSI TERHADAP ANAK BERKONFLIK DENGAN HUKUM DALAM TINDAK PIDANA LAKA LANTAS (Studi Kasus di Kejaksaan Negeri Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (535kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (329kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penuntut umum adalah jaksa yang diberi wewenang oleh undang-undang Kejaksaan 11 Tahun 2021 tentang Perubahan atas undang-undang 16 Tahun 2004 untuk melakukan penuntutan dan melaksanakan penetapan hakim. Salah satu wewenangnya adalah mengupayakan diversi. Konsep diversi merupakan alternatif penanganan Anak Berkonflik dengan Hukum (ABH) agar anak tidak masuk kedalam proses peradilan sehingga akan menimbulkan stigma buruk terhadap anak. Maraknya tindak pidana laka lantas yang dilakukan oleh ABH menjadi suatu permasalahan dalam lingkup penegakan hukum. Dengan diterapkannya peraturan diversi sebagaimana terdapat dalam UU No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak menjadi acuan dalam menyelesaikan kasus ABH melakukan musyawarah diluar peradilan. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah peran Penuntut Umum dalam mengupayakan diversi terhadap anak berkonflik dengan hukum. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada skripsi adalah 1. Bagaimana peran Penutut Umum dalam mengupayakan diversi terhadap anak berkonflik dengan hukum tindak pidana laka lantas? 2. Kendala yang dihadapi oleh Penuntut Umum dalam mengupayakan diversi terhadap anak berkonflik dengan hukum tindak pidana laka lantas? 3. Bagaimana upaya dalam mengatasi kendala mengupayakan diversi terhadap anak berkonflik dengan hukum tindak pidana laka lantas? Penulisan skripsi ini bersifat deskriptif analisis dengan metode pendekatan yuridis sosiologis (empiris). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1. Bahwa peran dari penuntut umum sebagai fasilitator dalam menyelesaikan kasus anak berkonflik dengan hukum. 2. Kendalanya pihak korban tidak mau berdamai apabila pelaku tidak memenuhi upaya ganti rugi dan masih banyaknya masyarakat awam akan peraturan diversi. 3. Upaya mengatasi kendala diversi adalah Penuntut Umum yang langsung mempertemukan kedua belah pihak dan mengupayakan agar anak dapat diselesaikan pada tahap diversi. Kata Kunci: Penuntut Umum, Diversi, Anak Berkonflik dengan Hukum, Laka Lantas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:08
Last Modified: 10 Mar 2023 03:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201373

Actions (login required)

View Item View Item