EFISIENSI TEKNIS USAHATANI JAGUNG PAKAN TERNAK DI KABUPATEN PASAMAN BARAT DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA)

Risky, Meyranti (2023) EFISIENSI TEKNIS USAHATANI JAGUNG PAKAN TERNAK DI KABUPATEN PASAMAN BARAT DENGAN PENDEKATAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK_compressed.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (66kB)
[img] Text (BAB V AKHIR (PENUTUP))
BAB V AKHIR (PENUTUP).pdf - Published Version

Download (29kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan akan komoditi jagung terus meningkat seiring dengan semakin meningkatnya laju pertumbuhan jumlah penduduk dan peningkatan kebutuhan untuk agroindustri pakan namun produksi jagung masih rendah dikarenakan penggunaan faktor produksi yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan budidaya dan penggunaan input produksi pada usahatani jagung, menganalisis tingkat efisiensi teknis jagung dan menganalisis faktor-faktor karakteristik sosial petani terhadap tingkat efisiensi teknis usahatani jagung. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei pada 60 orang petani responden melalui pengambilan sampel dengan metode multi stage sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November hingga Desember 2022. Analisis data menggunakan pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA) dengan orientasi input dengan dua asumsi model yaitu asumsi Constant Return To Scale Technical Effeciency (CRSTE), asumsi Variabel Return To Scale Technical Effeciency (VRSTE) dan juga model Regresi Tobit. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata tingkat efisiensi teknis usahatani jagung di Kabupaten Pasaman Barat pada asumsi CRSTE sebesar 0,76, asumsi VRSTE sebesar 0,89 pada tahap Increasing Return To Scale (IRS). Skala efisiensi teknis rata-rata sebesar 0,85. Faktor-faktor karakteristik sosial petani yang berhubungan positif dan berpengaruh signifikan terhadap tingkat efisiensi usahatani jagung adalah umur, tingkat pendidikan dan pengalaman berusahatani. Kata Kunci : Jagung, Efisiensi Teknis, Produktivitas, DEA , Regresi Tobit

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 09 Mar 2023 10:58
Last Modified: 09 Mar 2023 10:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201307

Actions (login required)

View Item View Item