Asuhan keperawatan pada remaja di daerah rawan bencana dengan pemberian edukasi kesiapsiagaan gempa bumi melalui media video di rw 08 parupuk tabing

sarah, oktaviani cintya (2023) Asuhan keperawatan pada remaja di daerah rawan bencana dengan pemberian edukasi kesiapsiagaan gempa bumi melalui media video di rw 08 parupuk tabing. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrack)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (Bab V)
Bab V (2).pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar pustaka (4).pdf - Published Version

Download (104kB)
[img] Text (Skripsi full text)
Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS KARYA ILMIAH AKHIR Januari, 2023 Nama : Sarah Oktaviani Cintya, S.Kep. NIM : 2141312083 ASUHAN KEPERAWATAN PADA REMAJA DI DAERAH RAWAN BENCANA DENGAN PEMBERIAN EDUKASI KESIAPSIAGAAN GEMPA BUMI MELALUI MEDIA VIDEO DI RW 08 PARUPUK TABING ABSTRAK Gempa bumi merupakaan bencana yang menimbulkan korban luka-luka dan kematian tertinggi pada remaja. Sumatera Barat merupakan salah satu Provinsi di Pulau Sumatera yang memiliki potensi bencana, baik alam maupun non alam. Remaja merupakan kelompok yang paling rentan terkena bencana gempa bumi. Gempa bumi berdampak pada psikologis remaja seperti trauma yang akan mempengaruhi kesehatan mental remaja. Pengetahuan mitigasi bencana sangat diperlukan untuk mengurani resiko terjadinya bencana yang akan datang Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh edukasi kesiapsiagaan gempa bumi melalui media vido terhadap pengetahuan bencana pada remaja. penelitian ini adalah kelompok remaja di wilayah parupuak tabing Rw 08. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan kusioner pretest dan posttest setelah di berikan edukasin kesiapsiagaan gempa bumi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan sebelum dan sesudah 0,000 (p<0,05). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa adanya perbedaan nilai pretest dan posttest. Penelitian menyarankan kepada pihak institusi agar ana-anak lebih aktif mencari informasi terkini tentang tanggap bencana gempa bumi dan lebih berperan aktif dalam meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana Kata kunci : Remaja, Kesiapsiagaan gempa bumi Daftar Pustaka : 65 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:21
Last Modified: 13 Mar 2023 07:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201305

Actions (login required)

View Item View Item