PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN PGPR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JEWAWUT (Setaria italica (L.) P Beauv)

Efi, Fadhillah (2023) PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN PGPR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JEWAWUT (Setaria italica (L.) P Beauv). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
PENGARUH DOSIS PUPUK KANDANG AYAM DAN PGPR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JEWAWUT.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (Sktipsi Full Teks)
Full Skripsi Efi Fadhillah 1810211001 fix.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jewawut (Setaria italica (L.) P Beauv) adalah jenis tanaman pangan yang banyak dibudidayakan di daerah Indonesia Timur. Jewawut memiliki kandungan karbohidrat setara beras dan berpotensi menjadi bahan pangan alternatif pengganti beras dan mendukung program ketahanan pangan di Indonesia. Aspek penting yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman adalah pemupukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pupuk kandang ayam dan PGPR yang efektif serta melihat pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jewawut. Penelitian dilaksanakan dari bulan Juli sampai Oktober 2022 di Rumah Kaca Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap faktorial (RAL) dengan 3 kali ulangan. Data dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%, apabila F hitung lebih besar dari F tabel, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan interaksi antara pupuk kandang ayam dan PGPR pada pengamatan bobot kering akar, bobot malai dan bobot biji tanaman jewawut. Interaksi terbaik pada dosis pupuk kandang 10 ton/ha dan PGPR 10 ml/l. Pemberian pupuk kandang ayam berpengaruh terhadap tinggi tanaman, luas daun, bobot segar akar, jumlah anakan, dan jumlah malai tanaman jewawut. Pemberian PGPR tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman jewawut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Ir. Ardi, M.Sc
Uncontrolled Keywords: jewawut, pupuk kandang, pgpr
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 10 Mar 2023 01:17
Last Modified: 10 Mar 2023 01:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201299

Actions (login required)

View Item View Item