PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM KAMPUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Haiqal, Fajra (2023) PENGEMBANGAN SISTEM MONITORING SUHU DAN KELEMBABAN PADA INKUBATOR PENETAS TELUR AYAM KAMPUNG BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (230kB)
[img] Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Updated Version

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI FULL_HAIQAL FAJRA_1711113012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Inkubator penetas telur ayam merupakan salah satu alat yang banyak digunakan pada bidang peternakan. Meskipun sudah banyak alat penetas telur ayam yang dijual tetapi efektifitasnya masih kurang karena pemantauan masih secara manual, untuk mengembangkan alat tersebut telah dilakukan penelitian dengan membuat sistem kontrol dan monitoring suhu dan kelembaban pada inkubator penetas telur ayam kampung berbasis Internet of Things (IoT). Inkubator ini membuat peternak lebih mudah untuk mengontrol serta memonitoring suhu dan kelembaban penetasan telur tanpa harus ke lokasi penetasan. ESP32 merupakan mikrokontroler yang digunakan untuk mengatur kerja sistem kontrol pada inkubator ini. Inkubator ini memanfaatkan panas lampu untuk menjaga kestabilan suhu di ruang penetasan, suhu diatur pada set point 37,5°C - 38°C. Selain itu juga ada kipas untuk menjaga kelembaban yang diatur pada set point 55%-60%. Kalibrasi sensor DHT22 dengan termohigrometer didapatkan nilai R2 suhu 0,990 dan kelembaban 0,983, artinya sensor memiliki keakuratan yang sangat baik. Dengan menggunakan sensor DHT22 data suhu dan kelembaban di ruang penetas dapat dihimpun ke mikrokontroler ESP32 dan kemudian dapat memberikan perintah kepada relay untuk on/off pada lampu dan kipas. Hasil pembacaan sensor dikirimkan ke server blynk melalui jaringan internet dan dapat dilihat secara real time pada aplikasi blynk yang ada pada telepon pintar. Motor menyala selama 5 detik pada waktu yang telah diprogram pada mikrokontroler yaitu pukul (02.00, 06.00, 10.00, 14.00, 18.00, 22.00) WIB untuk menggerakkan rak geser sejauh 10 cm, rak geser ini berfungsi untuk membalikkan telur. Percobaan penetasan telur telah dilakukan dengan 3 kali pengulangan dengan jumlah telur yang ditetaskan masing-masing ulangan yaitu 30 butir. Rata-rata daya tetas telur yang didapatkan dari 3 kali ulangan tersebut yaitu 85,76%. Kata kunci – Inkubator penetas telur ayam kampung, sistem kontrol, suhu dan kelembaban, daya tetas

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Renny Eka Putri, S.TP, MP
Uncontrolled Keywords: Inkubator penetas telur ayam kampung, sistem kontrol, suhu dan kelembaban, daya tetas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknik Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username tekpertanian
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:53
Last Modified: 09 Mar 2023 09:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201105

Actions (login required)

View Item View Item