UPAYA METI (THE JAPANESE MINISTRY OF ECONOMY, TRADE AND INDUSTRY) DALAM MENDUKUNG DOMINASI PERUSAHAAN OTOMOTIF JEPANG DI INDONESIA

Achyar, Arief Firdaus (2023) UPAYA METI (THE JAPANESE MINISTRY OF ECONOMY, TRADE AND INDUSTRY) DALAM MENDUKUNG DOMINASI PERUSAHAAN OTOMOTIF JEPANG DI INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRACT)
COVER ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Penutup kesimpulan)
Penutup kesimpulan.pdf - Published Version

Download (877kB)
[img] Text (Dafpus)
dafpus.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Full Draft Watermark Skripsi - Achyar Arief Firdaus - 1810852024)
Full Draft Watermark Skripsi Final - Achyar Arief Firdaus - 1810852024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi-politik internasional tidak bisa dilepaskan dari kerjasama luar negeri. Hal ini disebabkan kepentingan suatu negara sifatnya tidak terbatas, sedangkan sumber daya yang dimiliki suatu negara sifatnya terbatas, baik sumber daya alam, manusia ataupun modal (kapital). Proposisi ini berlaku bagi kerjasama Indonesia dan Jepang di bidang industri otomotif sebagai bagian dari fenomena hubungan internasional yang menarik untuk dikaji lebih lanjut, Eksistensi perusahaan otomotif Jepang di Indonesia ternyata tidak lepas dari dari dukungan METI sebagai kementerian yang memang bertanggung-jawab dalam bidang ekonomi, perdagangan dan industri. Penelitian ini akan ditujukan untuk mengetahui tentang upaya dan bentuk�bentuk dukungan METI (The Japanese Ministry of Economy, Trade and Industry) dalam mempertahankan dominasi perusahaan otomotif Jepang di Indonesia pada tahun 2015-2022. Penelitian ini menggunakan teori yang relevan yaitu konsep EPG. Kemudian penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya dan dukungan METI (The Japanese Ministry of Economy, Trade and Industry) dalam mendukung dominasi perusahaan otomotif Jepang di Indonesia pada tahun 2015-2022 melalui analisa konsep dukungan pemerintah terhadap perushaan industri yang dijalankan melalui kerangka mediator, serta dukungan non-finansial yang diwujudkan melalui kesepakatan-kesepakatan dalam kerangka G to G (goverment to government), lobi-lobi politik Jepang melalui dukungan terhadap pembangunan sosial, politik dan ekonomi sehingga dapat meraih respon positif dan simpati dari masyarakat Indonesia sebagai pangsa pasar produk otomotif Jepang di Indonesia. Kata kunci : METI, perusahaan, otomotif, Jepang-Indonesia, perusahaan otomotif Korea Selatan, perusahaan otomotif China, persaingan industri otomotif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Zulkifli Harza, S.IP,M.Soc.Sc
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: s1 ilmu hubungan internasional
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Mar 2023 04:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201074

Actions (login required)

View Item View Item