PENGARUH PERAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (KPMD) TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau)

Widiya, Ningsih (2023) PENGARUH PERAN KADER PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA (KPMD) TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA (Studi Kasus Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrack)
ABSTRACK COVER (1).pdf - Published Version

Download (200kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (379kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (Full Skripsi)
FULL SKRIPSI W.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kader Pemberdayaan Masayarakat Desa (KPMD) adalah unsur masyarakat desa yang dipilih oleh desa dan ditetapkan oleh Kepala Desa untuk menumbuhkan dan mengembangkan serta menggerakan prakarsa, partisipasi dan swadaya gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KPMD dan tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Pancuran Gading dan untuk menganalisis pengaruh peran KPMD terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Pancuran Gading. Penelitian ini menggunakan metode survey, responden pada penelitian ini adalah masyarakat Desa Pancuran Gading yang terlibat dalam pembangunan desa sebanyak 85 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KPMD Desa Pancuran Gading sudah menjalankan perannya dengan baik dan masyarakat Desa Pancuran Gading juga sudah berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan di desa. Maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan pada peran KPMD terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Pancuran Gading Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Akan tetapi dari pembahasan dapat kita lihat bahwa partisipasi masyarakat disini masih bersifat mobilisasi atau digerakkan oleh pemerintah desa. Maka sebaiknya pemerintah desa membuka ruang kreativitas masyarakat agar partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa bersifat otonom atau atas kemauan masyarakat itu sendiri, sehingga pembangunan desa lebih baik lagi dan menunjang kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Rahmat Syahni, M.S., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Peran, KPMD, Partisipasi , Pembangunan
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:29
Last Modified: 09 Mar 2023 02:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200902

Actions (login required)

View Item View Item