Formulasi Konsorsium Rizobakteri Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas Oryzae Pv. Oryzae) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) Formulasi Konsorsium Rizobakteri Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas Oryzae Pv. Oryzae) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.)

Dakwah, Syakinah Nadatul (2023) Formulasi Konsorsium Rizobakteri Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas Oryzae Pv. Oryzae) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.) Formulasi Konsorsium Rizobakteri Untuk Pengendalian Penyakit Hawar Daun Bakteri (Xanthomonas Oryzae Pv. Oryzae) Pada Tanaman Padi (Oryza Sativa L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (136kB)
[img] Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (384kB)
[img] Text (BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (356kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman padi merupakan komoditas tanaman pangan penghasil beras yang memegang peranan penting di indonesia. Produktivitas padi masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh patogen Xanthomonas oryzae pv.oryzae penyebab peyakit hawar daun bakteri yang dapat menurunkan hasil sekitar 50 -78%. Tujuan penelitian untuk mendapatkan bahan pembawa dan lama penyimpanan terbaik konsorsium rizobakteri dalam pengendalian penyakit hawar daun bakteri oleh Xanthomonas oryzae pv. oryzae pada tanaman padi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen mennggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri atas 15 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuannya adalah bahapembawa padat yaitu: Tepung talk, Bentonit dan Kaolinit yang disimpan dalam waktu yang berbeda (0, 2, 4 dan 6 minggu) serta perlakuan untuk kontrol positif (tanpa ditambahkan formula dan tanpa diinokulasi. Xanthomonas oryzae pv.oryzae), kontrol negatif (tanpa ditambahkan formula dan diinokulasi Xanthomonas oryzae pv.oryzae) dan Sreptomicin sulfat. Peubah yang diamati adalah: viabilitas formula konsorsium rizobakteri, perkembangan penyakit dan pertumbuhan serta hasil tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula konsorsium rizobakteri yang disimpan dalam waktu yang berbeda berpotensi dalam menekan perkembangan penyakit hawar daun bakteri dan meningkatkan pertumbuhan serta hasil tanaman padi. Formula Tepung talk yang disimpan selama 6 minggu memiliki kemampuan terbaik dalam menekan perkembangan penyakit hawar daun bakteri oleh Xanthomonas oryzae pv oryzae pada tanaman padi. Kata kunci: Formulasi Konsorsium rizobakteri, padi, Xanthomonas oryzae pv.oryzae.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Haliatur Rahma, S.Si. MP
Uncontrolled Keywords: Formulasi Konsorsium rizobakteri, padi, Xanthomonas oryzae pv.oryzae.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:52
Last Modified: 09 Mar 2023 03:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200833

Actions (login required)

View Item View Item