Pengaruh Penambahan Bonggol Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Terhadap Karakteristik Nuget Ikan Tongkol (Euthynnus affinis)

Halwa, Haniyatul (2023) Pengaruh Penambahan Bonggol Pisang Kepok (Musa paradisiaca L.) Terhadap Karakteristik Nuget Ikan Tongkol (Euthynnus affinis). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (204kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan bonggol pisang terhadap karakteristik nuget ikan tongkol dan mengetahui formulasi terbaik penambahan bonggol pisang terhadap karakteristik fisik, kimia dan organoleptik nuget ikan tongkol. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan, dengan perlakuan A (Tanpa penambahan bonggol pisang 0%), B (Penambahan bonggol pisang 25%), C (Penambahan bonggol pisang 30%), D (Penambahan bonggol pisang 35%) dan E (Penambahan bonggol pisang 40%). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analysis of variance (Anova) yang diikuti dengan uji Duncan’s New Multiple Range Tes (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan bonggol pisang pada nuget ikan tongkol memberikan pengaruh nyata pada taraf 5% terhadap kadar air serta kadar abu dan berpengaruh sangat nyata terhadap kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, kadar serat kasar, daya serap minyak dan kekerasan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap susut masak dan organoleptik. Perlakuan terbaik berdasarkan analisis fisikokimia dengan mengacu pada uji organoleptik, nuget ikan tongkol dengan penambahan bonggol pisang yang terbaik adalah perlakuan D (Penambahan bonggol pisang 35%) dengan kriteria kadar air 46,63%, kadar abu 1,46%, kadar protein 13,04%, kadar lemak 11,90%, kadar karbohidrat 26,87%, kadar total serat pangan 4,18%, kadar serat kasar 7,13%, susut masak 0,87%, daya serap minyak 8,85%, kekerasan 75,02 N/cm2 dan tingkat kesukaan panelis (warna 3,95%, aroma 4.10%, rasa 4.00% dan tekstur 3,80%). Kata Kunci: bonggol pisang, serat pangan dan nuget ikan tongkol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 09 Mar 2023 03:13
Last Modified: 09 Mar 2023 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200788

Actions (login required)

View Item View Item