Peluang kerja Masyarakat Nagari Ketaping Sejak Kehadiran Bandara Internasional Minangkabau (Studi kasus: Masyarakat di Nagari Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman

Kirana, Triasputri (2023) Peluang kerja Masyarakat Nagari Ketaping Sejak Kehadiran Bandara Internasional Minangkabau (Studi kasus: Masyarakat di Nagari Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
I.pdf - Published Version

Download (252kB)
[img] Text (BAB I)
II.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (Bab VI Penutup)
kesimpulan.pdf - Published Version

Download (309kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (Full Teks)
Full tesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Nagari Ketaping merupakan kawasan di daerah sumatera barat yang memiliki lahan pertanian yang sangat luas. Kawasan ini mengandalkan lahan pertanian sebagai penghasilan utama mereka pada saat itu. Namun pada tahun 2002, setelah adanya pembangunan bandara internasional minangkabau di kawasan ini membuat kawasan yang dikenal sebagai lahan pertanian yang kurang terjamah berubah menjadi kawasan dengan ramai dan juga membuat banyak terbukanya lapangan kerja baru. Kehadiran bandara ini membuat banyak peluang yang terbuka di daerah tersebut. Para petani yang terkena dampak dari pembangunan harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada agar dapat terus bertahan. Masyarakat kini mampu membuka usaha dan membaca peluang usaha disekitar mereka. Kehadiran Bandara Internasional Minangkabau memberikan sejumlah manfaat yang baik dan juga banyak perubahan untuk masyarakatnya. Nagari ketaping menjadi ramai dan banyak investor membuka usaha di kawasan ini. Walaupun diawal pembangunan terdapat penolakan dari masyarakat setempat, namun pemerintah setempat dalam hal ini Rajo Sampono berhasil memberikan pendekatan kepada masyarakat agar mereka mau menerima pembangunan Bandara Internsional Minangkabau di daerah mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Erwin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Petani, Pengelolaan Lahan, Perubahan Sosial.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 antropologi antropologi
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:40
Last Modified: 10 Mar 2023 06:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200771

Actions (login required)

View Item View Item