Pengaruh Berbagai Konsentrasi Naphthalene Acetic Acid (NAA) Terhadap Pertumbuhan Setek Batang Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus (Web) Britton & Rose)

Fany, Agnelia (2023) Pengaruh Berbagai Konsentrasi Naphthalene Acetic Acid (NAA) Terhadap Pertumbuhan Setek Batang Tanaman Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus (Web) Britton & Rose). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER & ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (143kB)
[img] Text (Bab V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS.pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tanaman buah naga (Hylocereus sp.) merupakan salah satu tanaman yang telah dibudidayakan di banyak daerah di Indonesia karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Penyediaan bibit buah naga masih dirasakan kurang optimal karena seringnya tidak tumbuh akar. Perkembangbiakan dengan cara setek dan pemberiaan zat pengatur tumbuh NAA dapat meningkatkan pertumbuhan setek batang buah naga merah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian NAA terhadap pertumbuhan setek batang buah naga merah serta menentukan konsentrasi NAA yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan setek batang buah naga merah. Penelitian ini telah dilaksanakan dari Juni sampai September 2022 di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Rancangan penelitian dilakukan secara eksperimen yaitu menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan perlakuan NAA yang terdiri yang terdiri dari 6 taraf perlakuan yaitu NAA dengan konsentrasi 0, 100, 200, 300, 400 dan 500 ppm. Data hasil pengamatan dianalisis dengan menggunakan uji F pada taraf α = 5%. Jika hasil analisis menunjukkan F hitung lebih tinggi dari F tabel maka dilakukan uji lanjut menggunakan Duncan‟s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian berbagai konsentrasi NAA terhadap setek tanaman buah naga merah memberikan pengaruh pada jumlah tunas dan bobot segar akar, konsentrasi NAA yang baik untuk bobot segar akar adalah konsentrasi NAA 400 ppm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irawati, M.Rur.Sc.Ph.D
Uncontrolled Keywords: Buah naga , NAA, Setek batang
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:49
Last Modified: 08 Mar 2023 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200749

Actions (login required)

View Item View Item