FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PETANI TERHADAP SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO (Studi Kasus di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman)

Sandra, Dewi (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT ADOPSI PETANI TERHADAP SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO (Studi Kasus di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman). Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
TESIS SANDRA DEWI Abstrack.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Bab 1)
TESIS SANDRA DEWI Bab I.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Bab V)
TESIS SANDRA DEWI BabV.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
TESIS SANDRA DEWI -Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB)
[img] Text (Tesis Lengkap)
TESIS SANDRA DEWI - Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi petani terhadap sistem tanam jajar legowo di kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Juni 2022 pada 8 kelompok tani yang menerapkan sistem tanam jajar legowo pada tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis tingkat adopsi petani terhadap sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, dan (2) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi petani terhadap sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data dari populasi petani yang menerapkan sistem tanam jajar legowo pada tahun 2021 dengan sampel 112 petani. Adapun alat analisis yang digunakan untuk tujuan pertama penelitian ini diperoleh dari hasil perhitungan skor total dibagi dengan jumlah pertanyaan. Kemudian ditentukan kelas interval dengan rincian sebagai berikut: (1) Tidak menerapkan atau rendah (15-35), (2) Menetapkan sebagian atau sedang (36-56), dan (3) Menerapkan seluruhnya atau tinggi (˃56). Sedangkan alat analisis untuk tujuan penelitian kedua adalah Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian pada tujuan pertama menunjukkan bahwa tingkat adopsi petani terhadap sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman dinilai dari tingkat penerapan teknis budidaya sistem tanam jajar legowo yang direkomendasikan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian berada pada kategori sedang dengan interval 36-56 yang meliputi kegiatan: pengolahan lahan, pembuatan baris tanaman, penanaman, pemupukan, penyiangan dan pengendalian OPT (Organisme Pengganggu tanaman). Hasil penelitian tujuan kedua menujukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat adopsi sistem tanam jajar legowo meliputi: karakteristik petani dengan indikator pendidikan dan kekosmopolitan; karakteristik inovasi dengan indikator; kesesuaian (kompatibilitas), dapat dicobakan (triabilitas), dapat diamati (observabilitas) dan dinamika kelompok dengan indikator; tujuan kelompok, struktur kelompok, pengembangan dan pembinaan kekompok, kekompakan kelompok, fungsi dan tugas kelompok dan tekanan pada kelompok. Kata Kunci: tingkat adopsi petani, sistem tanam jajar legowo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 ilmu penyuluhan
Date Deposited: 08 Mar 2023 09:09
Last Modified: 08 Mar 2023 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200729

Actions (login required)

View Item View Item