Kerentanan Larva Spodoptera Frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) Yang Diberi Pakan Berbeda Terhadap Infeksi Beauveria Bassiana (Bals.) Vuill.

Rahman, Edo (2023) Kerentanan Larva Spodoptera Frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) Yang Diberi Pakan Berbeda Terhadap Infeksi Beauveria Bassiana (Bals.) Vuill. Diploma thesis, universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (skripsi fulltext)
skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) yang disebut juga dengan Fall Armyworm (FAW) merupakan hama utama pada tanaman jagung. S. frugiperda bersifat polifag yang dapat menimbulkan kerusakan pada berbagai tanaman inang. Salah satu upaya untuk mengendalikan hama Spodoptera frugiperda adalah menggunakan agen hayati salah satunya cendawan Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pakan berbeda terhadap kerentanan larva Spodoptera frugiperda yang diaplikasikan cendawan entomopatogen Beauveria bassiana. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium Pengendalian hayati, Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dengan menggunakan metode rancangan acak lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 6 ulangan. Perlakuan terdiri atas larva diberi pakan daun tanaman jagung dan diinokulasi cendawan Beauveria bassiana, larva diberi pakan daun tanaman sorgum dan diinokulasi cendawan Beauveria bassiana, larva diberi pakan daun tanaman rumput gajah dan diinokulasi cendawan Beauveria bassiana, larva diberi pakan daun tanaman jagung, larva diberi pakan daun tanaman sorgum, larva diberi pakan daun tanaman rumput gajah. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kerentanan larva S. frugiperda setelah aplikasi B. bassiana sangat dipengaruhi oleh jenis pakan yang diberikan. Larva yang diberi pakan rumput gajah setelah diaplikasikan B. bassiana lebih rentan dibandingkan pakan jagung dan sorgum karena mortalitas 93.33 %. Mortalitas ini lebih tinggi dibandingkan dengan mortalitas larva yang diberi pakan jagung dan sorgum yang hanya mengalami mortalitas 63.33 % dan 45.00%. Perbedaan mortalitas itu mempengaruhi Jumlah pupa dan imago yang terbentuk. Jumlah telur yang dihasilkan imago betina masing-masing perlakuan tidak terpengaruh oleh jenis pakan kecuali pada perlakuan rumput gajah setelah aplikasi B. bassiana tidak menghasilkan imago betina sehingga tidak mampu menghasilkan telur. Kata kunci: Beauveria bassiana; kerentanan; Spodoptera frugiperda ; pakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:36
Last Modified: 08 Mar 2023 07:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200658

Actions (login required)

View Item View Item