PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI GEMPA BUMI PADA PT. ASURANSI CENTRAL ASIA CABANG PADANG (STUDI PUTUSAN NOMOR 2755K/Pdt/2017)

Friska Yulinda, Putri (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENYELESAIAN SENGKETA WANPRESTASI PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI GEMPA BUMI PADA PT. ASURANSI CENTRAL ASIA CABANG PADANG (STUDI PUTUSAN NOMOR 2755K/Pdt/2017). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (478kB)
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (221kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Asuransi merupakan sarana pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan asuransi atas terjadinya peristiwa tak tentu yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya yang menimbulkan kerugian bagi nasabah selaku tertanggung. Pengalihan resiko ini dilakukan dengan perjanjian yang tertuang dalam sebuah polis asuransi. Dalam pelaksanaan perjanjian asuransi tak jarang menimbulkan permasalahan, seperti dalam Putusan Nomor 2755K/Pdt/2017 yang merupakan perkara antara tertanggung dengan perusahaan asuransi yang disebabkan oleh perusahaan asuransi tidak melakukan pembayaran klaim asuransi kepada tertanggung karena tidak adanya kesepakatan mengenai nominal ganti kerugian. Adapun rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah pertama bagaimana pertimbangan hakim dalam memutus sengketa wanprestasi pembayaran klaim asuransi (Putusan No.2755K/Pdt/2017)? dan yang kedua, apakah putusan tersebut telah mencerminkan prinsip keadilan? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, data yang digunakan adalah data sekunder, serta metode pengumpulan data berupa studi dokumen (kepustakaan). Hasil penelitian pada skripsi ini dapat disimpulkan bahwa yang pertama, dalam Putusan Nomor 2755K/Pdt/2017 hakim menyatakan bahwa Tergugat telah melakukan wanprestasi dengan pertimbangan bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Tergugat yaitu PT Asuransi Central Asia cabang Padang yang mengulur waktu pembayaran klaim asuransi yang digolongkan sebagai perbuatan tidak memenuhi prestasi secara tepat waktu sehingga Tergugat dihukum untuk membayar ganti kerugian kepada Penggugat sebesar Rp.408.304.000.00 (empat ratus delapan juta tiga ratus empat ribu rupiah). Kedua, putusan Nomor 2755K/Pdt/2017 telah menerapkan prinsip keadilan berdasarkan teori keadilan John Rawls, yaitu fairness yang mana perusahaan asuransi dihukum untuk membayar kerugian sesuai perhitungan yang dilakukan loss adjuster dan Tertanggung berhak atas penggantian kerugian atas terjadinya peristiwa tak tentu yang diperjanjikan dalam perjanjian asuransi kedua belah pihak. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Sengketa Klaim Asuransi, Wanprestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:52
Last Modified: 08 Mar 2023 04:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200536

Actions (login required)

View Item View Item