PERBANDINGAN KUALITAS FISIK DAN KIMIA PUPUK ORGANIK MENGGUNAKAN BERBAGAI BIOAKTIVATOR SERTA KERAGAMAN BAKTERI MELALUI TEKNIK NGS (Next Generation Sequencing)

Febri, Febri Walpajri (2023) PERBANDINGAN KUALITAS FISIK DAN KIMIA PUPUK ORGANIK MENGGUNAKAN BERBAGAI BIOAKTIVATOR SERTA KERAGAMAN BAKTERI MELALUI TEKNIK NGS (Next Generation Sequencing). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (131kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (63kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu cara untuk mengurangi ketergantungan pupuk anorganik adalah mensubstitusi ke pupuk organik. Pupuk organik berasal dari degradasi bahan organik. Mempercepat degradasi, ditambahkan bioaktivator yang mengandung mikroorganisme lokal (MOL) sebagai starter. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bioaktivator terbaik dilihat dari jumlah mikroorganisme, faktor lingkungan, potensi bakteri bioaktivator serta menganalisis kandungan fisik lingkungan pupuk organik (suhu, pH dan kelembaban), fisik (bau, warna dan tekstur) dan kimia (C-organik, nitrogen, C/N rasio, posfat dan kalium). Bioaktivator terbaik dilakukan analisis keragaman secara molekuler menggunakan Teknik NGS. Metode penelitian eksperimen, meliputi; fermentasi bahan organik penyusun bioaktivator serta menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 3 ulangan untuk pembuatan pupuk organik. Bioaktivator terbaik diperoleh dari bioaktivator 2 dengan jumlah bakteri 5,50x107 dan total khamir; 5,0x107. Suhu yaitu 26 ℃ dan pH 4,1. Memiliki potensi proteolitik, amilolitik, selulolitik, fermentatif, nitrat dan posfat. Parameter fisik lingkungan sesuai SNI (suhu; 30,33℃, pH; 6,86 dan kelembaban; 30,43%. Parameter fisik Sesuai SNI meliputi: tekstur halus, warna coklat kehitaman dan bau tanah. Parameter kimia pupuk organik sesuai SNI (C-organik: 23,56%, Nitrogen;1,60%, C/N rasio;14,75, posfat;0,47% dan kalium;0,64%), uji keragaman bakteri secara molekuler (Teknik NGS) diperoleh 297 jenis bakteri pada bioaktivator 2, dari analisis fisik dan kimia pupuk organik bahwa penambahan bioaktivator 2 mengasilkan pupuk organik yang lebih baik dari bioaktivator lainnya. Kata kunci: bakteri; degradasi; sampah organik; NGS

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Fuji Astuti Febria,Dr
Uncontrolled Keywords: bakteri; degradasi; sampah organik; NGS
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Biologi biologi
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:27
Last Modified: 08 Mar 2023 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200469

Actions (login required)

View Item View Item