RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MINT (Mentha piperita) DENGAN PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR APU APU (Pistia stratiotes L.) PADA SISTEM HIDROPONIK RAKIT APUNG

Silvia, Alfala (2023) RESPON PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN MINT (Mentha piperita) DENGAN PEMANFAATAN PUPUK ORGANIK CAIR APU APU (Pistia stratiotes L.) PADA SISTEM HIDROPONIK RAKIT APUNG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB akhir.pdf - Published Version

Download (23kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang pertumbuhan dan hasil tanaman mint (Mentha piperita) dengan Pemanfaatan Pupuk organik cair (POC) Apu Apu (Pistia stratiotes L.) Pada Sistem Hidroponik Rakit Apung. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui konsentrasi POC apu-apu yang terbaik untuk pertumbuhan tanaman mint pada hidroponik sistem rakit apung. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 3 bulan, dimulai pada bulan Mei sampai dengan Juli 2022 di Hidroponik 55, Cupak Tangah, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yaitu Konsentrasi POC 0% (100% AB Mix), Konsentrasi POC 8% (80 ml POC dalam 1000 ml air), Konsentrasi POC 16% (160 ml POC dalam 1000 ml air), Konsentrasi POC 24% (240 ml POC dalam 1000 ml air). Data hasil pengamatan dianalisis secara statistik untuk mengetahui perlakuan yang memberikan pengaruh dengan menggunakan uji F pada taraf 5% dan untuk data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan menggunakan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menyatakan bahwa pertumbuhan terbaik tanaman mint diperoleh dari pemberian AB Mix. Pemberian POC apu-apu yang dengan konsentrasi 16% dapat memberikan hasil yang sama dengan pemberian AB Mix dalam peningkatan luas helaian daun dan mampu menghasilkan bobot segar tanaman yang lebih tinggi dibanding konsentrasi 8%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir Warnita, M.P.
Uncontrolled Keywords: Mint, POC, Apu-apu, Konsentrasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:18
Last Modified: 08 Mar 2023 10:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200432

Actions (login required)

View Item View Item