Pengaruh substitusi ampas tahu dengan limbah industri tempe dalam ransum berbasis jerami padi amoniasi terhadap karakteristik cairan rumen (pH, VFA, NH3) secara in-vitro

Suci Agista, Sonya (2023) Pengaruh substitusi ampas tahu dengan limbah industri tempe dalam ransum berbasis jerami padi amoniasi terhadap karakteristik cairan rumen (pH, VFA, NH3) secara in-vitro. Diploma thesis, Peternakan.

[img] Text (cover)
cover.pdf - Published Version

Download (250kB)
[img] Text (Bab I. Pendahuluan)
bab 1. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Bab Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (233kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
full text (watemark).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi ampas tahu dengan limbah industri tempe dalam ransum berbasis jerami padi amoniasi terhadap karakteristik cairan rumen secara in-vitro. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 3 perlakuan dan 4 kelompok ulangan berdasarkan empat cairan rumen yang berbeda. perlakuan P1 0% limbah industri tempe, perlakuan P2 10% limbah industri tempe dan perlakuan P3 20% limbah industri tempe. Peubah yang diamati yaitu derajat keasaman (pH) cairan rumen, produksi total VFA (mM) cairan rumen dan konsentrasi NH3 (mg/100 ml) cairan rumen. Data diolah menggunakan Analisis of Varience (ANOVA) dan perbedaan antar perlakuan diuji dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah industri tempe sebagai pengganti ampas tahu dalam ransum berbasis jerami amoniasi memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P>0.05) terhadap derajat keasaman (pH), memberikan pengaruh berbeda nyata (P<0.05) terhadap produksi VFA dan konsentrasi NH3. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan limbah industri tempe dapat digunakan sebanyak 20% di dalam pakan konsentrat atau pengganti ampas tahu dengan nilai pH 6.90, VFA 118.50 mM dan NH3 29.18 mg/100 ml cairan rumen. Kata Kunci : Limbah Industri Tempe, Jerami Padi Amoniasi, pH, VFA, NH3.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:45
Last Modified: 08 Mar 2023 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200413

Actions (login required)

View Item View Item