FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA MELAKUKAN WAKAF UANG MELALUI PEMOTONGAN GAJI STUDI KASUS : KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG

RATNA, DEWI (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU APARATUR SIPIL NEGARA MELAKUKAN WAKAF UANG MELALUI PEMOTONGAN GAJI STUDI KASUS : KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA PADANG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
1. Cover+Abstrak.pdf - Published Version

Download (150kB)
[img] Text (bab 1)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (115kB)
[img] Text (Daftar pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (tesis utuh)
5. Tesis Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Guna mendorong potensi wakaf uang di Indonesia, Pemerintah telah melakukan Gerakan Nasional Wakaf Uang (GNWU) pada awal tahun 2021. Kontribusi Kementerian Agama Kota Padang sebagai lembaga pemerintah dalam menggerakkan wakaf uang yang dilakukan dengan pemotongan gaji setiap bulan adalah salah satu solusi yang dimungkinkan agar potensi wakaf uang meningkat, konsisten dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji pengaruh sikap, norma subjektif dan religiusitas terhadap perilaku ASN Kementerian Agama Kota Padang melakukan wakaf uang melalui pemotongan gaji. Menerapkan Theory of Reasoned Action (TRA), penelitian ini juga menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan beberapa wawancara yang mendalam kepada 285 sampel yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kota Padang untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku ASN dalam melakukan wakaf uang. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SEM-PLS didapatkan hasil bahwa variabel laten perilaku wakaf uang dipengaruhi secara signifikan oleh tiga variabel laten lainnya yaitu sikap, norma subjektif dan religiusitas. Hal ini menunjukkan bahwa sikap, norma subjek dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku ASN Kementerian Agama Kota Padang melakukan wakaf uang melalui pemotongan gaji. Hasil ini sekaligus membuktikan bahwa hipotesis dalam penelitian ini dapat terpenuhi Kata kunci: sikap, norma subjektif, religiusitas, perilaku wakaf uang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Neng Kamarni, SE, M.Si
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: Unand Magister Manajemen
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:09
Last Modified: 08 Mar 2023 02:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200391

Actions (login required)

View Item View Item