KOMUNITAS SERANGGA PADA EKOSISTEM PERTANAMAN KELAPA SAWIT RAKYAT PASCA PEREMAJAAN DI NAGARI SUNGAI DAREH KABUPATEN DHARMASRAYA

Irfa, Subyanti Kasmita (2023) KOMUNITAS SERANGGA PADA EKOSISTEM PERTANAMAN KELAPA SAWIT RAKYAT PASCA PEREMAJAAN DI NAGARI SUNGAI DAREH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (56kB)
[img] Text (BAB Akhir (Penutup kesimpulan))
BAB akhir (PenutupKesimpulan).pdf - Published Version

Download (209kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text (Skripsi Full text)
Skripsi Full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB)

Abstract

Tanaman kelapa sawit mulai berproduksi pada umur 3 tahun dan akan mengalami penurunan produksi setelah mencapai umur 25 tahun ke atas. Tanaman kelapa sawit yang melewati umur 25 tahun harus diremajakan untuk memperbaiki produktivitas. Di samping itu, perkebunan kelapa sawit tidak terlepas dari keberadaan serangga. Struktur komunitas serangga dapat ditentukan berdasarkan peranan serangga dalam jaring-jaring makanan, misal sebagai herbivora, predator, polinator, maupun dekomposer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunitas serangga pada perkebunan kelapa sawit rakyat pasca peremajaan di Nagari Sungai Dareh Kabupaten Dharmasraya. Penelitian dilakukan pada perkebunan kelapa sawit rakyat pasca peremajaan. Penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria luas lahan 1 Ha, umur tanaman 2 tahun dan varietas Dumpy. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak tiga kali dengan interval 1 bulan sekali. Serangga yang telah dikoleksi diidentifikasi sampai tingkat morfospesies. Jumlah serangga yang ditemukan sebanyak 1.014 individu yang terdiri dari 7 ordo, 31 famili dan 38 morfospesies. Serangga predator terdiri dari 3 ordo, 6 famili dan 8 morfospesies, serangga herbivora terdiri dari 5 ordo, 23 famili dan 28 morfospesies, serangga polinator terdiri dari 1 ordo, 2 famili dan 2 morfospesies, serta serangga dekomposer terdiri dari 1 ordo, 1 famili dan 1 morfospesies. Terdapat kesamaan struktur komunitas serangga pada ekosistem pertanaman kelapa sawit rakyat pasca peremajaan di Nagari Sungai Dareh, Kabupaten Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Yaherwandi, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunitas serangga, morfospesies, pasca peremajaan, produktivitas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:11
Last Modified: 09 Mar 2023 08:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200385

Actions (login required)

View Item View Item