Pengaruh Komposisi Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Kopi Robusta (Coffea canephora) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Kombucha

Mutiara Eliza, Tiara (2023) Pengaruh Komposisi Kopi Arabika (Coffea arabica) dan Kopi Robusta (Coffea canephora) Terhadap Karakteristik Fisikokimia Dan Organoleptik Kombucha. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover&abstrak)
COVER DAN ABSTRAK (9).pdf - Published Version

Download (67kB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text (Penutup)
BAB 5 PENUTUP.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (721kB) | Request a copy

Abstract

Kopi kombucha merupakan salah satu minuman fungsional yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan. Kombucha biasanya terbuat dari daun teh (Camellia sinensis L.) melalui proses fermentasi menggunakan starter kombucha yaitu scoby (Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast) dalam media yang mengandung gula sebagai sumber nutrisi dari bakteri dan khamir dengan waktu fermentasi selama 7-14 hari. Selain dauh teh, kopi juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kombucha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi kopi arabika dan kopi robusta terhadap karakteristik fisikokimia dan organoleptik kombucha. Penelitian ini dilakukan dengan Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan yaitu komposisi kopi arabika 100%, komposisi kopi arabika 75% dan kopi robusta 25%, komposisi kopi arabika 50% dan kopi robusta 50%, komposisi kopi arabika 25% dan kopi robusta 75%, dan komposisi kopi robusta 100%. Analisis yang dilakukan meliputi analisis warna, pH, total asam tertitrasi, kafein, aktivitas antioksidan, total padatan terlarut angka lempeng total dan uji organoleptik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi kopi arabika dan kopi robusta pada kombucha berpengaruh nyata terhadap pH, total asam tertitrasi, kadar kafein, aktivitas antioksidan, total padatan terlarut dan tidak berpengaruh nyata terhadap analisis warna serta angka lempeng total. Perlakuan B (komposisi kopi arabika 75% dan kopi robusta 25%) diperoleh sebagai komposisi kopi kombucha terbaik berdasarkan uji organoleptik yang diterima oleh panelis dengan nilai warna 3,55 (suka), aroma 3,70 (suka) dan rasa 3,75 (suka).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:26
Last Modified: 08 Mar 2023 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200373

Actions (login required)

View Item View Item