PENERAPAN FUNGSI KONTROL SOSIAL PADA PEMBERITAAN DUGAAN PENYELEWENGAN DANA COVID-19 SUMATERA BARAT (Studi Kasus Pemberitaan Media Online Langgam.id Februari-Juni 2021)

Farhan, Caesar Risco (2023) PENERAPAN FUNGSI KONTROL SOSIAL PADA PEMBERITAAN DUGAAN PENYELEWENGAN DANA COVID-19 SUMATERA BARAT (Studi Kasus Pemberitaan Media Online Langgam.id Februari-Juni 2021). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
Upload - BAB V Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Upload - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (466kB)
[img] Text (fulltext)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kasus dugaan penyelewengan dana Covid-19 Sumatera Barat sebesar Rp4,9 miliar yang menjadi pembicaraan hangat pada tahun 2021 tidak terlepas dari peran pemberitaan media massa. Beberapa studi menjelaskan bahwa pada kasus dugaan korupsi, media cenderung mengutamakan pemberitaan yang rendah resiko seperti mengolah pemberitaan dari informasi pihak ketiga. Namun, selama kasus tersebut bergulir, media online Langgam.id secara aktif melakukan berbagai bentuk pemberitaan yang dioptimalkan secara multiplatform. Kondisi ini menarik peneliti untuk melihat bagaimana penerapan fungsi kontrol sosial media dilakukan oleh media online Langgam.id serta sejauh mana Langgam.id mendorong pembentukan ruang publik demokratis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori ruang publik demokratis dan konsep jurnalisme watchdog. Hasil penelitian mendapati bahwa media online Langgam.id telah menerapkan fungsi kontrol sosial melalui berbagai bentuk pemberitaan watchdog, mulai dari berita konfirmasi, perkembangan penyelidikan, bernada tuduhan, rangkuman, konflik, dan berita gabungan watchdog dengan keberagaman narasumber yang seluruhnya terintegrasi secara multiplatform. Kemudian, media online Langgam.id turut mendorong pembentukan ruang publik demokratis dengan memastikan pekerja media dan berita yang dihasilkan telah taat pada aturan dan pedoman yang berlaku, telah memberitakan kasus dari seluruh sudut pandang, dan menyediakan wadah diskusi publik pada media sosialnya. Namun, pembentukan ruang publik demokratis belum mampu berjalan secara optimal. Kasus penyelewengan dana tersebut berakhir antiklimaks karena beberapa kelemahan, mulai dari lemahnya penegakan dan kerangka hukum, minimnya transparansi pada lembaga pemerintahan, tidak persistennya media dalam mengawal kasus secara komprehensif, hingga belum kuatnya kultur antikorupsi pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, MA
Uncontrolled Keywords: Jurnalisme Watchdog, Kontrol Sosial, Langgam.id, Ruang Publik, Sumatera Barat
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 07 Mar 2023 09:39
Last Modified: 07 Mar 2023 09:39
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200370

Actions (login required)

View Item View Item