Komunikasi Persuasif Dinas Perdagangan Kota Padang (Studi Kasus pada Program Vaksinasi COVID-19 kepada Pedagang Pasar Raya Padang

Muhammad, Fikri Ash Shiddiqi (2023) Komunikasi Persuasif Dinas Perdagangan Kota Padang (Studi Kasus pada Program Vaksinasi COVID-19 kepada Pedagang Pasar Raya Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (220kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustakaa.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Program vaksinasi COVID-19 di Pasar Raya Padang merupakan salah satu penyuntikan vaksin COVID-19 pertama di Kota Padang yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang. Sebagai program yang dilakukan pertama kali, diperlukan strategi khusus dalam mengajak warga terkhususnya para pedagang untuk ikut vaksin. Komunikasi persuasif menjadi cara yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang dalam mengajak pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses komunikasi persuasif Dinas Perdagangan Kota Padang dalam program vaksinasi kepada pedagang, serta melihat persepsi pedagang atas program ini. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan teori penggabungan informasi. Paradigma yang digunakan adalah konstruktivisme. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ketiga teknik pengumpulan data tersebut berasal dari data-data yang peneliti dapatkan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang dimulai dengan persiapan, sosialisasi, ajakan penyuntikan, serta ajakan kembali. Dinas Perdagangan Kota Padang mendapatkan hasil yang melampaui target berkat kegigihan tim dalam mengajak para pedagang, serta faktor kedekatan dan kredibilitas pesan sangat mempengaruhi keberhasilan ini. Adapun persepsi dari pedagang tentang program ini adalah mereka merasa teredukasi lewat pesan-pesan yang disampaikan oleh Dinas Perdagangan Kota Padang, dan persepsi negatif tentang vaksin bisa diubah menjadi persepsi positif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ernita Arif, M.Si
Uncontrolled Keywords: Dinas Perdagangan Kota Padang, Komunikasi Persuasif, Pedagang, Vaksin COVID-19
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:06
Last Modified: 08 Mar 2023 05:06
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200369

Actions (login required)

View Item View Item