PENGENDALIAN Helopeltis antonii Sign. PADA TANAMAN KAKAO MENGGUNAKAN BIOPESTISIDA DI PERKEBUNAN KAKAO PT. INANG SARI KABUPATEN AGAM, SUMATERA BARAT

Mita, Roza (2016) PENGENDALIAN Helopeltis antonii Sign. PADA TANAMAN KAKAO MENGGUNAKAN BIOPESTISIDA DI PERKEBUNAN KAKAO PT. INANG SARI KABUPATEN AGAM, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. PENDAHULUAN)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V. PENUTUP)
BAB V. PENUTUP.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSIFULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kakao (Theobroma cacao L.) merupakan produk ekspor yang bernilai tinggi dan sangat menunjang perekonomian nasional. Namun produksi kakao saat ini hanya 300-700 kg/ha padahal secara genetik potensi produksi kakao mencapai 2000kg/ha dikarenakan banyaknya OPT (Organisme Pengganggu Tanaman) yang menyerang tanaman. OPT yang paling merusak tanaman kakao yaitu Helopeltis antonii. Pengendalian oleh petani menggunakan insektisida sintetik sehingga menyebabkan resistensi serangga dan merusak lingkungan. Mengatasi masalah tersebut, digunakan biopestisida sebagai alternatif utama pengganti insektisida sintetik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perlakuan yang paling tepat dari biopestisida serai dapur (Cymbopogon flexousus) dan serai wangi (Andropogon nardus) dalam menekan serangan H.antonii. Penelitian dilaksanakan di lahan perkebunan Kakao PT. Inang Sari di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Parameter pengamatan adalah penurunan tingkat serangan dan intensitas serangan hama H. antonii. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai dapur mampu menekan serangan H. antonii hingga 7,78% sedangkan ekstrak serai wangi pada konsentrasi yang sama hanya menekan serangan 10,20% dan campuran keduanya 9,44%. Aplikasi ekstrak serai dapur paling baik dalam menekan serangan Helopeltis antonii dibandingkan aplikasi ekstrak lainnya sehingga paling berpotensi digunakan sebagai biopestisida pengendali hama Helopeltis antonii. Kata Kunci: Theobroma cacao L., OPT, Helopeltis antonii, Biopestisida, Cymbopogon flexousus, Andropogon nardus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 28 Dec 2016 07:45
Last Modified: 28 Dec 2016 07:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20026

Actions (login required)

View Item View Item