FORMULASI PRODUK RENDANG PISANG (Musa Acuminta X Balbisiana) UNTUK MENINGKATKAN KADAR PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN DAGING AYAM (Gallus gallus Domestica sp) SUWIR PANGGANG DAN TEPUNG TEMPE YANG BERPOTENSISEBAGAI MAKANAN DARURAT

Sandi, Riawan (2023) FORMULASI PRODUK RENDANG PISANG (Musa Acuminta X Balbisiana) UNTUK MENINGKATKAN KADAR PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN DAGING AYAM (Gallus gallus Domestica sp) SUWIR PANGGANG DAN TEPUNG TEMPE YANG BERPOTENSISEBAGAI MAKANAN DARURAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK SANDI RIAWAN .pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB 1 SANDI RIAWAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6 AKHIR)
BAB AKHIR SANDI RIAWAN.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Putaka)
DAFTAR PUSTAKA SANDI RIAWAN .pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Sandi Riawan 1911226014 - WM .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

FORMULASI PRODUK RENDANG PISANG (Musa Acuminta X Balbisiana) UNTUK MENINGKATKAN KADAR PROTEIN DENGAN PENAMBAHAN DAGING AYAM (Gallus gallus Domestica sp) SUWIR PANGGANG DAN TEPUNG TEMPE YANG BERPOTENSI SEBAGAI MAKANAN DARURAT xvii + 117 halaman, 30 tabel, 17 gambar, 15 lampiran ABSTRAK Tujuan Indonesia memiliki geografis, demografis, sosiologis dan historis Indonesia menjadikan wilayah Indonesia rawan terhadap bencana (alam, non alam, dan sosial). Rendang memiliki ketahanan zat gizi meski dimasak dalam waktu yang lama dan memiliki daya simpan yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu organoleptik dan kandungan gizi pada produk rendang pisang dengan penambahan tepung tempe dan ayam suwir panggang sebagai makanan yang berpotensi sebagai makanan darurat bencana. Metode Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 2 tes. Perbandingan bahan antara tepung tempe dan ayam suwir panggang yaitu formula 1 300 gr dan 100 gr, formula 2 250 gr dan 150 gr dan formula 3 200 gr dan 200 gr. Penelitian dilakukan di 3 Laboratorium uji nutrisi yang ada di Pekanbaru. Uji organoleptik melibatkan 40 panelis semi-terlatih mahasiswa tingkat akhir D III Gizi Poltekkes Kemenkes Riau. Analisis data kuantitatif menggunakan uji SPSS 23 Kruskal Wallis level 5% dan dilanjutkan dengan uji lanjut Mann Whitney. Hasil Hasil penelitian formula rendang pisang dengan perlakukan yang paling disukai adalah formula F2 dengan penambahan 250 gr tepung tempe dan 150 gr ayam suwir panggang. Karakteristik fisik dari rendang pisang formula terpilih yaitu warna cokelat, aroma agak berbau rendang, agak gurih, dan tekstur agak empuk. Kandungan zat gizi produk terpilih yaitu kadar air 10,85%, abu 3,29%, protein 3,61%, lemak 36,35%, karbohidrat 47,56%. Terdapat perbedaan yang nyata pada warna, aroma, rasa dan tekstur formula rendang pisang dengan penambahan tepung tempe dan ayam suwir panggang (p-value˂0,005). Kesimpulan Formula terpilih pada pengembangan produk rendang pisang dengan penambahan tepung tempe dan ayam suwir panggang yaitu F2 dengan penambahan tepung tempe sebanyak 250 gr dan ayam suwir panggang 150 gr. Daftar Pustaka: 61 (2000 -2022) Kata Kunci: Ayam suwir, Makanan darurat, Rendang pisang, Tepung tempe.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Deni Elnovriza, STP, M.Si
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:46
Last Modified: 07 Mar 2023 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200195

Actions (login required)

View Item View Item