PENGARUH PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI CABAI DENGAN APLIKASI BAKTERI Serratia marcescens AR1 PADA ULTISOL

Dita, Imraatul Khairat (2023) PENGARUH PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI CABAI DENGAN APLIKASI BAKTERI Serratia marcescens AR1 PADA ULTISOL. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH (DITA IMRAATUL KHAIRAT) SKRIPSI)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH (DITA IMRAATUL KHAIRAT) SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan Ultisol sebagai lahan budidaya tanaman cabai memiliki beberapa keterbatasan dalam sifat fisik, kimia dan biologi tanah sehingga diperlukan penambahan bahan organik untuk meningkatkan kesuburan tanahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pemberian beberapa dosis pupuk kandang ayam dengan aplikasi bakteri Serratia marcescens AR1 terhadap peningkatan produksi tanaman cabai merah (Capsicum annum L) pada Ultisol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April hingga September 2022 di Rumah Kawat dan Laboratorium Kimia dan Kesuburan Tanah Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan dan 3 ulangan melalui perendaman benih cabai dengan 10 ml suspensi bakteri endofit kecuali kontrol. Perlakuan terdiri dari kontrol, 0 ton/ha pupuk kandang ayam, 5 ton/ha pupuk kandang ayam, 10 ton/ha pupuk kandang ayam, dan 15 pupuk kandang ayam. Data analisis tanah dan tanaman dilakukan uji lanjut menggunakan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf 5%. Perlakuan terbaik yaitu pada perlakuan F (10 ml bakteri endofit + 20 ton/ha pupuk kandang ayam), terjadi peningkatan nilai pH sebesar 0,61 unit, P-tersedia 23.12 ppm, C-organik 1.47%, N-total 0.37%, KTK 16.99 cmol (+) kg-1, total populasi bakteri tanah 9.27 x 107, dan Al-dd menjadi tidak terukur jika dibandingkan dengan kontrol. Pertumbuhan tanaman optimum diperoleh pada perlakuan F (10 ml bakteri endofit + 20 ton/ha pupuk kandang ayam), mampu meningkatkan tinggi tanaman sebesar 28.13 cm, jumlah cabang sebanyak 6 buah, jumlah bunga sebanyak 21 buah, jumlah buah sebanyak 24 buah, berat total buah sebesar 85.26 g, berat basah tanaman sebesar 108 g, berat kering tanaman 26 g dan angkutan hara N sebesar 3.85 mg/tanaman, hara P sebesar 0.79 mg/tanaman, dan hara K sebesar 1.02 mg/tanaman jika dibandingkan dengan kontrol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Ir. Agustian
Uncontrolled Keywords: Bakteri Serratia marcescens AR1, Cabai, Produksi Tanaman, Pupuk Kandang Ayam, Ultisol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: s1 ilmu tanah
Date Deposited: 07 Mar 2023 10:44
Last Modified: 07 Mar 2023 10:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200166

Actions (login required)

View Item View Item