PELAKSANAAN TEKNIS PETERNAKAN DAN SITE PLANE UPTD PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL DAN HIJAUAN PAKAN TERNAK DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN PELALAWAN

Hendri, Hendri (2023) PELAKSANAAN TEKNIS PETERNAKAN DAN SITE PLANE UPTD PEMBIBITAN TERNAK UNGGUL DAN HIJAUAN PAKAN TERNAK DINAS PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN KABUPATEN PELALAWAN. Other thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
HENDRI Abstrack.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img]
Preview
Text (Bab 1)
HENDRI Bab I.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB V hendri.pdf

Download (129kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
HENDRI Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Laporan Teknik Lengkap)
HENDRI-Laporan Lengkap Ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan peternakan merupakan bagian integral pembangunan pertanian dan nasional, betujuan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak serta gizi masyarakat. Dalam konteks nasional, juga meningkatkan pendapatan dan membuka kesempatan kerja. Dalam rangka memenuhi gizi masyarakat yang bersumber dari protein hewani, maka prioritas kebijakan pembangunan peternakan diarahkan kepada komoditas usaha peternakan yang didukung oleh potensi yang dimiliki daerah, sehingga pengembangannya akan mampu ditopang oleh ketersediaan potensi yang ada. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2022 di UPTD Pembibitan Unggul dan Pakan Ternak Hijauan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pelalawan. Kondisi pelaksanaan teknis peternakan di UPTD Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Dinas Peternakan Kabupaten Pelalawan saat ini (existing) : (1) ditinjau dari aspek teknis pengelolaan bibit. Ternak yang dikembangkan sangat potensial untuk menghasilkan bibit ternak bakalan yang berkualitas; (2) pemberian pakan dengan menggunakan limbah sawit (bungkil dan solid) serta ampas tahu dapat menekan biaya produksi; (3) pemeliharaan dengan pola semi intensif dan ekstensif berjangka dapat meningkatkan kesehatan ternak dan menekan biaya produksi (4) pelayanan teknis reproduksi melalui Inseminasi Buatan (IB) akan menghasilkan anak-anak ternak (peddet) yang berkualitas, dan (5) pelayanan kesehatan dengan menerapkan aspek Biosecurity akan mengurangi tingkat kesakitan dan kematian ternak. Site plane merupakan rancangan tata ruang dan tata letak pembangunan suatu kawasan secara komprehensif, guna menyediakan informasi, gambar, denah sebagai kerangka kerja suatu pembangunan kawasan. Kinerja UPTD ditingkatkan fungsinya sebagai Kawasan Sentra Peternakan (KSP)-Langgam, dengan mengintegrasikan konsep pengembangan agroeduwisata. Site Plane KSP mencakup desain zona publik, pendidikan, dan privat. Kata Kunci : Pembibitan, Pakan, Inseminasi Buatan, Site Plan.

Item Type: Thesis (Other)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. James Hellyward, MS, IPU, ASEAN Eng
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: S2 Profesi Insinyur
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:37
Last Modified: 09 Mar 2023 05:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200092

Actions (login required)

View Item View Item