Pengaruh Pendidikan Kesehatan berbasis Health Belief Model (HBM) dan Collaborative Learning terhadap Perilaku Diet Remaja kelas VIII SMPN 38 Padang

Sri, Wahyuningsih (2023) Pengaruh Pendidikan Kesehatan berbasis Health Belief Model (HBM) dan Collaborative Learning terhadap Perilaku Diet Remaja kelas VIII SMPN 38 Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TESIS SRI WAHYUNINGSIH ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perilaku diet remaja masih banyak yang tidak baik meskipun sudah diberikan berbagai macam Pendidikan Kesehatan. Pendidikan Kesehatan berbasis Health Belief Model (HBM) dan collaborative learning lebih menekankan kepada bagaimana seseorang dapat mencegah serta menghindari masalah kesehatan dengan tingkat keparahan potensial dan dapat belajar bersama-sama dalam meningkatkan dan mempertahankan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan berbasis Health Belief Model (HBM) dan Collaborative Learning terhadap perilaku diet pada remaja di SMPN 38 Padang. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan rancangan pre test and post test with control group design. Populasi adalah remaja kelas VIII SMPN 38 Padang sebanyak 78 orang dengan teknik proporsional random sampling. Analisa data univariat disajikan dalam bentuk analisa deskriptif dan analisis bivariat menggunakan uji paired sample t-test dan independent sample t-tes. Hasil analisis uji statistik menggunakan uji independent sampel t-test didapatkan nilai p pada perilaku makan cenderung gizi lebih yaitu p=0,013 dan perilaku makan cenderung gizi kurang didapatkan nilai p=0.000 (p<0,05) artinya ada perbedaan rata-rata perilaku diet remaja sebelum diberikan intervensi antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol. Diharapkan kepada petugas kesehatan terutama petugas kesehatan masyarakat untuk bisa menerapkan metode Health Belief Model (HBM) dan Collaborative Learning dalam melakukan edukasi atau pendidikan kesehatan di masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:21
Last Modified: 07 Mar 2023 02:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200074

Actions (login required)

View Item View Item