ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN CRUDE PALM OIL (CPO) INDONESIA TAHUN 1990-2021

Dina, Amelia (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENAWARAN CRUDE PALM OIL (CPO) INDONESIA TAHUN 1990-2021. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img] Text (Skripsifulltext)
Skripsifulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran Crude Palm Oil (CPO) Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) yang berguna untuk melihat hubungan jangka panjang dan jangka pendek pada model penelitian. Data yang digunakan berupa data time series pada periode tahun 1990 hingga 2021 yang bersumber dari Direktorat Jendral Perkebunan Departemen Pertanian (Dikjenbun) Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS), dan World Bank. Variabel yang digunakan adalah penawaran CPO, harga CPO domestik, harga CPO dunia, luas lahan, dan harga solar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang harga CPO domestik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penawaran CPO Indonesia, sedangkan harga CPO dunia, luas lahan dan harga solar berpengaruh positif dan signifikan terhadap penawaran CPO Indonesia. Pada ECM jangka pendek, harga CPO domestik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penawaran CPO Indonesia, sedangkan variabel harga CPO dunia dan luas lahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penawaran CPO Indonesia. Namun, pada jangka pendek diperoleh hasil bahwa harga solar berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap penawaran CPO Indonesia. Elastisitas penawaran pada penelitian ini bersifat inelastis dengan nilai koefisien kecil dari 1 (E<1) yang berarti bahwa perubahan harga kurang mempengaruhi penawaran CPO Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Drs. Wirzon, M.S
Uncontrolled Keywords: penawaran CPO, harga CPO domestik, harga CPO dunia, luas lahan, harga solar, Error Correction Model (ECM)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: S1 Ekonomi
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:08
Last Modified: 07 Mar 2023 02:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/200061

Actions (login required)

View Item View Item