PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Wahyudi, Komara (2016) PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS ECENG GONDOK (Eichornia crassipes) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian, Universitas Andalas dengan ketinggian tempat ±250 m dpl dari bulan Desember 2015 sampai Maret 2016. Percobaan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 7 taraf dosis kompos eceng gondok yaitu : 5, 7,5, 10, 12,5, 15, 17,5 dan 20 ton/ha. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji F dan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi/ rumpun, diameter umbi, bobot segar umbi/ rumpun, bobot kering angin umbi/ rumpun, bobot segar umbi/ ha, bobot kering angin umbi/ ha dan laju pertumbuhan tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian kompos eceng gondok mampu mempengaruhi hasil umbi bawang merah. Pengaruh nyata dari pemberian kompos eceng gondok terlihat pada jumlah umbi, diameter umbi, bobot segar dan kering angin umbi per rumpun serta bobot segar dan kering angin umbi per hektar. Dosis kompos yang memberikan pengaruh baik terhadap hasil bawang merah adalah 15 sampai 20 ton/ ha. Kata kunci: kompos eceng gondok, bawang merah, pertumbuhan dan hasil.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: s1 agroekoteknologi pertanian
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:41
Last Modified: 15 Mar 2017 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item