PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG CAMAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DI KECAMATAN PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN

Zaky, Arjunda (2023) PELAKSANAAN TUGAS DAN WEWENANG CAMAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH TAHUN 2020 DI KECAMATAN PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilihan umum yang selanjutnya di singkat (Pemilu) merupakan salah satu bagian dari mekanisme demokrasi yang menjadi gerbang utama dalam membangun kepemimpinan tiap-tiap daerah, sangat diperlukan untuk menentukan kedepannya. Masyarakat diberikan ruang untuk berperan aktif dan menjadi bagian dari proses demokrasi. Ide demokrasi dimaknai sebagai “Suatu kekuasaan yang berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”, Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini yaitu Pertama bagaimana pengaturan terkait tugas dan wewenang camat dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan, kedua bagaimana pelaksanaan tugas dan wewenang Camat dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. dimana narasumber yang akan diwawancarai dipilih berdasarkan pertimbangan dan merupakan informan yang berkompeten untuk menjawab pertanyaan peneliti yaitu Hak politik yang secara luas dapat langsung diaplikasikan secara kongkrit melalui pemilihan umum. Kesadaran politik warga negara menjadi faktor determinan dalam partisipasi politik masyarakat, artinya sebagai hal yang berhubungan pengetahuan dan kesadaran akan hak dan kewajiban yang berkaitan dengan lingkungan masyarakat dan kegiatan politik menjadi ukuran dan kadar seseorang terlibat dalam proses partisipasi politik. Hasil penelitian dan Pembahasan menjelaskan bahwa Pertama, peran tugas dan wewenang camat dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yaitu dalam Pasal 10 Nomor 17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan, Pasal 33 Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang dan dalam Pasal 224 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah tentang Camat, kedua pelaksanaan tugas dan wewenang camat dalam pemilihan umum kepala daerah tahun 2020 di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan yaitu pelaksaan kecamatan menjadi pelayanan masyarakat, yang merupakan posisi perantara, antara masyarakat desa/kelurahan dengan pemerintah kabupaten/kota dengan kewenanganya yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:49
Last Modified: 07 Mar 2023 08:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199994

Actions (login required)

View Item View Item