PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL, DAN FITOKIMIA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.)

Rizka, Pertiwi (2023) PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA DAN UREA TERHADAP PERTUMBUHAN, HASIL, DAN FITOKIMIA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI UTUH RIZKA PERTIWI 1810211031.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Bunga telang merupakan salah satu tanaman hortikultura yang digolongkan ke dalam kategori tanaman biofarmaka (tanaman obat-obatan) yang mempunyai beberapa khasiat penting yaitu sebagai obat tetes mata, antioksidan, penangkal radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh, anti kanker, dan bahkan pewarna alami. Bunga telang mengandung senyawa fitokimia yaitu salah satunya antosianin. Pemupukan sangat penting untuk meningkatkan produksi antosianin. Pupuk yang digunakan pada penelitian ini yaitu pupuk urea yang dikombinasikan dengan agen hayati Fungi Mikoriza Arbuskula. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh interaksi dan dosis terbaik dari pemberian dosis Fungi Mikoriza Arbuskula dan urea. Penelitian dilaksanakan di lahan antara rumah kaca dan Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian Universitas Andalas, Kota Padang pada bulan Mei sampai Agustus 2022. Penelitian dilakukan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) 2 faktor dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah beberapa dosis FMA yaitu 10 g/tanaman, 15 g/tanaman, dan 20 g/tanaman. Faktor kedua adalah beberapa dosis urea yaitu 0 kg/ha, 50 kg/ha, 100 kg/ha, dan 150 kg/ha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh interaksi antara Fungi Mikoriza Arbuskula dan urea terhadap panjang tanaman, luas daun, laju asimilasi bersih, kadar klorofil, dan kadar antosianin. Dosis FMA yang efektif untuk pertumbuhan, hasil, dan fitokimia bunga telang adalah 15 g/tanaman. Dosis pupuk urea yang efektif untuk pertumbuhan, hasil, dan fitokimia bunga telang adalah 100 kg/ha. Kadar antosianin tertinggi yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sebesar 45,87 mg/L.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. Irawati, M.Rur.Sc. PhD
Uncontrolled Keywords: bunga telang, fitokimia, urea, fungi mikoriza arbuskula
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:02
Last Modified: 06 Mar 2023 07:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199972

Actions (login required)

View Item View Item