IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI CAMAT BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 17 TAHUN 2018 TENTANG KECAMATAN DI KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yonanda, Zulkifli (2023) IMPLEMENTASI TUGAS DAN FUNGSI CAMAT BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 17 TAHUN 2018 TENTANG KECAMATAN DI KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img] Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan-persoalan yang muncul pada Impementasi Tugas dan Fungsi Camat di Kantor Camat IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan selama 2 Tahun Terakhir. Persoalan dimulai saat masuknya wabah atau pandemi dari suatu virus penyakit yang mampu menular secara cepat pada tahun 2020 yang lalu. Virus ini dikenal dengan nama Covid-19 atau Coronavirus Disease 2019. Kondisi ini membuat para Aparatur Sipil Negara diharuskan melakukan pekerjaan secara virtual atau Online sehingga Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Camat di Kecamatan IV Jurai menjadi kurang maksimal. Pertama Tugas dan Fungsi Camat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kantor Camat IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan pemerintahan tidak dapat berjalan maksimal. Hal ini dibuktikan dari beberapa Tugas dan Fungsi Camat yang tidak efektif dalam pelaksanaannya, sehingga beberapa tugas dan fungsi camat mengalami kemunduran dalam waktu penyelesaian dalam sistem kerjanya. Kedua Menyikapi situasi dan informasi yang terus berkembang terkait penyebaran covid-19 ini, Pemerintah mengambil kebijakan dengan mengeluarkan surat edaran yang berisi tentang kebijakan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), dari surat edaran yang memintah agar seluruh pemerintah, instansi dan tenaga kerja lainnya untuk bekerja di rumah tentunya memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang sama dengan bekerja di kantor. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Yuridis sosiologis, dengan menggunakan indikator berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Lingkungan Instansi Pemerintah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Tugas dan Fungsi Camat di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tidak dapat berjalan maksimal. Hal itu dibuktikan dari Tugas dan Fungsi Camat yang tidak terlaksana dengan semestinya dalam rencana kerja Kecamatan. Sehingga beberapa tugas dan fungsi camat mengalami kemunduran waktu dalam penyelesaian sistem kerjanya. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi Camat pada Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan dalam program kerja tidak terselesaikan pada waktu yang telah direncanakan. Serta masih adanya sumber daya manusia yang bulum cakap atau paham dalam penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199967

Actions (login required)

View Item View Item