Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Paitan pada Berbagai Jarak Tanam

Fachri, Anugrah (2023) Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) dengan Pemberian Pupuk Organik Cair Paitan pada Berbagai Jarak Tanam. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img] Text (Skripso full text)
SKRIPSI FACHRI ANUGRAH FULL TEXT WM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (960kB)

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak dikonsumsi sebagai bumbu masakan. Bawang merah memiliki kandungan beberapa zat yang bermanfaat untuk kesehatan serta bernilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Pupuk organik cair paitan merupakan salah satu pupuk organik yang memiliki kandungan hara dan bahan organik yang tinggi sehingga dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan hasil tanaman. Kerapatan tanaman atau jarak tanam dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pupuk organik cair paitan dan jarak tanam terhadap bawang merah, mendapatkan konsentrasi pupuk organik cair paitan terbaik, dan mengetahui jarak tanam terbaik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah. Penelitian ini dilaksanakan pada lahan yang berlokasi di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, pada bulan Juli sampai Oktober 2022. Percobaan yang dilakukan adalah percobaan faktorial dengan dua faktor yaitu pupuk organik cair paitan dan jarak tanam yang disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK). Data hasil pengamatan dianalisis dengan Uji F taraf 5% dan apabila F hitung lebih besar dari pada F tabel maka dilanjutkan dengan uji DNMRT taraf 5%. Hasil penelitian ini tidak terdapat interaksi antara pupuk organik cair paitan dan jarak tanam pada pertumbuhan dan hasil bawang merah. Konsentrasi pupuk organik cair paitan terbaik untuk pertumbuhan dan hasil bawang merah adalah 75%. Jarak tanam terbaik untuk hasil bawang merah adalah 20 x 10 cm.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Yusniwati, SP.MP
Uncontrolled Keywords: bawang merah, pupuk organik cair paitan, jarak tanam
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:40
Last Modified: 06 Mar 2023 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199963

Actions (login required)

View Item View Item