Pengaruh Penggunaan Gula Saka Tebu (Saccharum officinarium) Sebagai Pengganti Gula Aren (Arenga pinnata) Terhadap Populasi Acetobacter, Saccharomyces Dan pH Dalam Proses Pembuatan Probiotik Cuka Apel Untuk Ternak Unggas.

Efendi, Ardani (2023) Pengaruh Penggunaan Gula Saka Tebu (Saccharum officinarium) Sebagai Pengganti Gula Aren (Arenga pinnata) Terhadap Populasi Acetobacter, Saccharomyces Dan pH Dalam Proses Pembuatan Probiotik Cuka Apel Untuk Ternak Unggas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover and abstrak)
Text (Cover And Abstrak).pdf - Published Version

Download (499kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
Text (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (351kB)
[img]
Preview
Text (Penutup)
Text (Penutup).pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
Text (Skripsi).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan gula saka tebu (Saccharum officinarium) sebagai pengganti gula aren (Arenga pinnata), penggunaan cuka makan sebagai pengganti jeruk nipis, terhadap populasi Acetobacter, Saccharomyces dan pH dalam proses pembuatan probiotik cuka apel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 4 perlakuan dengan 5 ulangan. Perlakuan pada penelitian ini adalah P1 (menggunakan gula aren dan jeruk nipis), P2 (menggunakan gula aren dan cuka), P3 (menggunakan gula saka dan jeruk nipis), P4 (menggunakan gula saka dan cuka). Parameter yang diukur pada penelitian ini adalah jumlah koloni Saccharomyces, jumlah koloni Acetobacter dan kadar pH yang terkandung didalam hasil larutan yang telah di fermentasi menggunakan gula saka tebu (Saccharum officinarium) dan gula aren (Arenga pinnata). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggantian gula aren dengan gula saka tebu dan jeruk nipis dengan cuka makan memberikan pengaruh berbeda tidak nyata (P<0,05) terhadap pertumbuhan koloni Acetobacter dan Sacharomyces serta berpengaruh sangat nyata (P>0,01) terhadap kadar pH dalam pembuatan fermentasi probotik cuka apel. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa gula aren dan jeruk nipis dapat digantikan dengan gula saka tebu dan cuka makan dengan rataan jumlah koloni Acetobacter 10,88 x107 cfu/mL dan Saccharomyces 30,93 x 107 cFu/mL pada pH 3,74.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:50
Last Modified: 06 Mar 2023 04:50
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199956

Actions (login required)

View Item View Item