KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN PORANG (Amorphophallus oncophyllus) YANG DIBUDIDAYAKAN PADA BEBERAPA LOKASI DI SUMATERA BARAT

Muhammad, Kalil Hawari (2023) KARAKTERISASI MORFOLOGI TANAMAN PORANG (Amorphophallus oncophyllus) YANG DIBUDIDAYAKAN PADA BEBERAPA LOKASI DI SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (163kB)
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAb 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (217kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tanaman porang (Amorphophallus oncophyllus) adalah tanaman penghasil umbi yang potensial untuk dikembangkan sebagai komoditi ekspor karena beberapa negara membutuhkan tanaman ini sebagai bahan makanan maupun bahan industri. Indonesia mengekspor porang dalam bentuk gaplek atau tepung ke Jepang, Australia, Srilanka, Malaysia, Korea, Selandia Baru, Pakistan, Inggris dan Italia. Permintaan porang dalam bentuk segar maupun chip kering terus meningkat. Karakterisasi tanaman porang pada beberapa lokasi di Sumatera Barat bertujuan untuk mengetahui karakter morfologi dan tingkat keragaman tanaman porang yang sudah dibudidayakan pada beberapa lokasi di Sumatera Barat. Penelitian diawali dengan kegiatan survei pendahuluan, selanjutnya dilakukan karakterisasi tanaman yang ditemukan sesuai dengan karakter yang ditentukan. Penelitian ini telah dilaksanakan selama 3 bulan dari bulan Maret – Mei 2022 pada beberapa lokasi di Sumatera Barat menggunakan metode survey dengan pengambilan sampel secara sengaja. Sebagai data pendukung penelitian dilakukan wawancara dengan petani porang dan bukan petani porang, Pada tanaman sampel dilakukan pengamatan dan pengukuran secara langsung terhadap morfologi tanaman. Pengamatan morfologi tanaman porang dilakukan berdasarkan karakter kualitatif dan kuantitatif. Data hasil pengamatan dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar. Analisis kemiripan dilakukan menggunakan program NTSYSpc 2.02i. Karakterisasi morfologi meliputi tipe pertumbuhan, tangkai, daun, bulbil dan umbi tanaman porang. Berdasarkan variabilitas fenotipik karakter kuantitatif tanaman porang memiliki nilai variabilitas fenotipik yang sempit. Selanjutnya hasil analisis kemiripan pada 45 aksesi tanaman porang memiliki koefisien kemiripan 60% dan memiliki keragaman yang sempit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Ir. Aswaldi Anwar, MS.
Uncontrolled Keywords: karakterisasi, karakter morfologi, porang, Sumatera Barat, wawancara
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:28
Last Modified: 09 Mar 2023 07:28
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199946

Actions (login required)

View Item View Item