KARAKTERISTIK DAN UMUR SARANG ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus wurmbii) DI TANJUNG HARAPAN KAWASAN TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING KALIMANTAN TENGAH

Taufiq, Al Azziz (2023) KARAKTERISTIK DAN UMUR SARANG ORANGUTAN KALIMANTAN (Pongo pygmaeus wurmbii) DI TANJUNG HARAPAN KAWASAN TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING KALIMANTAN TENGAH. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Taufiq Al Azziz_Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Laju peluruhan sarang merupakan salah satu parameter penting dalam memperkirakan populasi orangutan. Metode dalam pendugaan kepadatan populasi urangutan yang umum digunakan yaitu metode penghitungan sarang. Kepadatan dan ukuran populasi sangat penting untuk kegiatan konservasi dan menilai risiko kepunahan spesies. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan umur sarang Orangutan untuk setiap kategori umur sarang dan mengetahui karakteristik tempat bersarang Orangutan di Taman Nasional Tanjung Puting. Penelitian telah dilaksanakan dari Maret sampai Desember 2022 di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Pengambilan data dilakukan berdasarkan pengamatan harian sebanyak 80 sarang. Dilakukan pengamatan setiap kategori sarang yang ditandai hingga berubah dari tipe A, B, C, D, dan E. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur sarang setiap kategori dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban, curah hujan, dan posisi sarang di pohon. Rata-rata umur sarang setiap kategori sarang di Tanjung Harapan yaitu, Tipe A (7,05±0,4 hari), tipe B (14,65±1,1 hari), tipe C (52,23±9,4 hari), dan tipe D (59,76±9,2 hari). Laju peluruhan sarang Orangutan untuk setiap kategori di Tanjung Harapan tergolong cepat yang dipengaruhi oleh faktor tertentu untuk setiap kategori sarang. Rata-rata umur sarang dari tipe A hingga E yaitu 133,7 hari. Sarang Orangutan di Tanjung Harapan banyak ditemukan pada pohon Medang, sarang umumnya terletak pada ketinggian 6-10 meter (73,75 %) dan sekitar 55% sarang ditemukan berada di pangkal percabangan pohon utama dan menempel pada batang pohon utama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Rizaldi, M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Pongo pygmaeus wurmbii, karakteristik, umur sarang, konservasi, populasi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Biologi
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:27
Last Modified: 07 Mar 2023 03:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199931

Actions (login required)

View Item View Item