Kepadatan Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal 1854) (HEMIPTERA: DELPHACIDAE) dan Tingkat Serangannya Pada Tanaman Padi Varietas IR 42 Di Daerah Endemik Kabupaten Solok

Perdana, Sulistomo (2023) Kepadatan Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal 1854) (HEMIPTERA: DELPHACIDAE) dan Tingkat Serangannya Pada Tanaman Padi Varietas IR 42 Di Daerah Endemik Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrack)
Cover dan Abstrack.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB. V. KESIMPULAN SARAN)
BAB V. KESIMPULAN SARAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Sulistomo Perdana Fix uplod.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Wereng Batang Coklat (WBC) (Nilaparvata lugens Stall 1854) (Hemiptera: Delphacidae) merupakan salah satu hama penting bagi usaha tani padi. Penelitian ini bertujuan untuk mengamati serta mengetahui kepadatan WBC pada lahan persawahan di daerah endemik Kabupaten Solok. Metode yang digunakan adalah survei, penetuan lokasi secara purposive sampling dengan kriteria: daerah endemik WBC, dilaporkan sebagai daerah dengan luas serangan tertinggi pada tanaman padi varietas IR 42, dengan lahan yang berbeda yaitu dalam fase vegetatif dan generatif Pengamatan dilakukan di tiga lokasi; Nagari Saning Bakar, Nagari Sumani, dan Nagari Singkarak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WBC yang ditemukan terdiri dari stadia nimfa, dan imago (brakhiptera dan makroptera). Kepadatan imago WBC lebih tinggi daripada nimfa. Persentase serangan WBC pada fase vegetatif (45,00%) dan pada fase generatif (61,11%). Intensitas serangan pada fase vegetatif (4,62%) dan pada fase generatif (9,25%) lebih tinggi dibandingkan fase vegetatif. Kata kunci : Tanaman padi, wereng batang coklat, kepadatan, tingkat serangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: S1 Agroteknologi Agroteknologi
Date Deposited: 06 Mar 2023 03:45
Last Modified: 06 Mar 2023 03:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199886

Actions (login required)

View Item View Item